Figure

Sukses Membangun Usaha RimbaLife, Clinton Augusto Kartawijaya Beli Mobil Mewah di Usia Muda

VemmeDaily.com, Jakarta – Clinton Augusto Kartawijaya, penjual susu bubuk kesehatan di kawasan Pluit sempat viral di platform online TikTok karena di gunakan hampir seluruh kalangan yang ingin memiliki bentuk badan ideal. Siapa sangka dulunya ia pernah hidup susah sampai harus rutin pindah rumah semasa SD.

Dulu, keluarga ekonomi keluarga sempat terdampak sehingga Clint dan keluarga pindah ke Bali saat kerusuhan tahun 1998. Kemudian, Clint dan keluarga pindah kembali ke Jakarta tinggal di rumah kontrak kecil.

Dalam video yang dibagikan lewat Instagramnya @augstclint, diakui sejak kecil Clint Augusto Kartawijaya berasal dari keluarga kurang mampu. Dan memang sudah semenjak SMP hobi berjualan online, mulai dari baju bekas, mouse gaming, kartu maximum tune, casing hp dan terakhir suplemen fitness untuk menambah penghasilan, supaya bisa hidup lebih mandiri.

Clint memang mengakui kalau memang kisah pengalaman hidupnya sangat panjang. Kini ia bisa hidup nyaman dengan bisnis yang berjalan sukses, tidak lain berkat kerja keras dan doa dari orang tua terutama ibunya, Elly Tanudjaya. Clint sejak kecil di didik untuk harus berusaha keras untuk mendapatkan apa yang di inginkan.

“Dari hal yang paling kecil, “Iya bisa dibilang dari keluarga yang nggak mampu gitu ya. Jadi dulu inget banget pas kecil pengen beli mainan Beyblade/gangsing, karena papa dan mama waktu itu masi berpenghasilan pas-pasan, akhirnya aku dibeliin yang versi kawe/palsunya padahal original nya dulu merek TAKARA Cuma Rp. 100.000, jadi waktu aku kecil, hampir gak pernah minta dibeliin mainan.” kata Clint saat dihubungi lewat sambungan telepon.

Lebih lanjut, Clint menjelaskan kalau ia, dari dulu saat sekolah harus sambil jualan/berdagang karena uang jajan yang bener-bener pas-pasan. Bahkan buat biaya main warnet Rp. 5000 aja, terkadang Clint harus rela pulang jalan kaki karena kekurangan uang jajan.

“Apapun yang aku minta pas kecil itu nggak pernah terwujud tuh, kaya mouse gaming, celana branded Zara, sepatu casual Nike, semua itu harus dengan usaha jualan sendiri baru bisa beli sendiri.” lanjut Clinton Augusto Kartawijaya.

Saat masih sekolah di bangku SMP 3, Clint pertama kali mencoba bisnis suplemen fitness dengan modal dropship (alias tanpa modal), saat itu Clint menjual brand suplemen import. Awalnya si karena konsumsi sendiri terus karena efek ke badan terlihat perubahannya, dari kurus ke berisi beberapa temen-temen juga pengen beli.

“Karena tadinya aku kurus banget berat badan Cuma 50 kilogram dan konsumsi suplemen terus bisa naik ke 72 kilogram, sehingga banyak yg penasaran pake suplemen apa.” ungkap Clint.

“Dulu sistemnya, kalau ada pesenan, aku minta pembayaran penuh dulu di awal terus baru aku pesenin ke supplier terus baru anter barangnya. Diawal sih memang kurang laris, dan untung per produknya cuma 20-50 ribu. Meskipun demikian, pria yang akrab disapa Koko Clint ini tak sungkan kalau harus mengantar pesanan langsung ke alamat pembeli”,tambah Clint

“Puji Tuhan banget sih bisnis kecil itu kebantu gitu jadi semenjak sekolah SMA, aku udah gak pernah lagi minta uang jajan dan seterusnya sampai lulus kuliah.” Lanjut pria yang kini sudah memiliki puluhan agen RimbaLife yang tersebar di 12 kota seluruh Indonesia

Meskipun Clint bisa membantu menghasilkan uang dari jualannya, ia tak menggunakan uang ini untuk kesenangan pribadinya,. Clint kecil justru lebih memilih diputar kembali ke modal usaha, untuk stok barang karena memulai bisnis semua juga dengan modal sendiri.

Kini Clint sudah sukses di usianya yang baru menginjak 25 tahun, ia bahkan memiliki rumah, kantor dan mobil Porsche mewah. Semua berkat kerja kerasnya. Pengalaman masa kecilnya dijadikan pelajaran untuk tetap berusaha dan lebih mengerti dengan kondisi orang yang kurang beruntung.

wisc store
To Top