Culinary and Hangout

Gulo Klopo: Uniknya Pizza Tungku di Resto Bernuansa Javanese Modern

VemmeDaily.com, Jakarta – Nuansa Jawa modern terasa kental begitu masuk dari gerbang restoran dan kafe Gulo Klopo yang berlokasi di Jl. Sawangan Raya, Depok, tidak jauh dari pintu tol Sawangan. Gerbang terbuat dari kayu, dengan tulisan nama resto Gulo Klopo yang sepintas mirip dengan aksara Jawa honocoroko. Ucapan ‘sugeng rawuh’ di pintu masuk restoran menyambut tetamu yang datang.

Restoran utama berbentuk rumah Jawa modern. Nuansa warna coklat tampak menghiasi ruangan dalam resto, terlihat dari bangku-bangku restoran. Di dinding batu bata terlihat lukisan-lukisan indah. Bagian utama restoran ini memiliki dua tingkat. Bagian atas tersedia dua ruangan yang biasa digunakan untuk meeting tamu.

Menurut Dimas Satrio Adiputro, Owner Gulo Klopo, Gulo Klopo memang mengusung konsep javanese modern. Restoran dan cafe Gulo Klopo terdiri dari tiga bagian. Bagian resto utama, bagian belakang, dan bagian depan. Bagian utama resto sangat kental nuansa Jawanya. Bangunan terbuat dari batu kali di bagian luar, dengan kombinasi batu bata untuk bagian dalam restoran. Jendela dan pintu kayu khas Jawa jaman dulu.

Sementara bagian restoran belakang mengkombinasikan antara Jawa dan modern, terlihat dari ornamen mural pantai. Restoran belakang yang terbuka ini menjadi tempat nongkrong dan live music. “Saya bersama teman yang menggambar mural, karena saya ingin tamu merasa nyaman dan hommy,” aku pria kelahiran tahun 1988 ini.

Sementara bagian depan restoran yang digunakan sebagai tempat angkringan Bakso Malang Asli ini memiliki ruangan terbuka. Di pojok ruangan terdapat mural jalanan di hutan dan tersedia ayunan.

Gulo Klopo berdiri sejak 1 April 2017, karena Dimas ingin mewujudkan cita-cita ayahnya Imam Eddie Soesatyo yang juga seorang pengusaha kuliner Bakso Malang Asli. Sementara filosofi nama Gulo Klopo diambil dari cikal bakal bendera merah putih pada zaman Kerajaan Majapahit.

Pizza Tungku. Gulo Klopo memiliki menu lengkap, mulai dari menu-menu khas Jawa, Chinese Food, dan Western Food. Menu unggulan dan unik di Gulo Klopo yang jarang ditemukan di tempat lain adalah Pizza Tungku. Berbeda dengan pizza-pizza di tempat lain, Pizza Tungku ini dibakar menggunakan tungku dengan kayu bakar dari pohon buah-buahan.

“Semua bahan-bahannya fresh, dibakar dalam tungku yang menggunakan kayu bakar dari pohon buah-buahan agar aroma dan rasanya lebih enak. Salah satunya memakai ranting kayu belimbing yang ada di sekitar parkiran belakang,” ucap Dimas.

Pizza-nya pun lebih tipis dan crispy, yang menurut Dimas merupakan the real pizza ala Italia. Ada beberapa varian Pizza Tungku antara lain American Style, Barbeque Chicken, Beef Teriyaki, Cheesy Melted, Meat Lover, Paperoni, Rendang, Sapi Lada Hitam, Super Supreme, Tuna Mayonaise, Tuna Rica-Rica, Veggie Mushroom, Veggie Paprika, dan Veggie Tomato.

Untuk menu khas Indonesia yang menjadi favorit di Gulo Klopo antara lain Rawon, Bakmi Godok Spesial, Asem-asem Ayam, Asem-asem Iga, dan Asem-asem Bebek dengan bumbu racikan khas Gulo Klopo. Gulo Klopo juga menyajikan menu Iga, Gurame Bakar, Sop Buntut Bakar, Bebek Gulo Klopo, serta GK Bakso Malang yang rasanya lezat.

Untuk menu western yang tersedia seperti Rib Eye Steak, Caesar Salad, Spaghetti, Aglio Olio Beef, Calamari, Fish and Chips, dan lain-lain. Sedangkan untuk menu Chinese Food, antara lain Sapo Tahu, Capcay, Fuyunghai, Ifumie, dan lain-lain.

Sementara minuman istimewa di Gulo Klopo adalah Wedang Gulo Klopo. Wedang Gulo Klopo diolah dari jahe yang digeprek, lalu direbus menggunakan air kelapa bersama kelapanya di dalam panci. Sesudah itu baru dituangkan ke dalam gelas, lalu diberi gula aren. Wedang lainnya yang tersedia adalah Wedang Uwuh dan Wedang Jahe.

Gulo Klopo juga menyajikan Teh Poci yang menggunakan gula batu. Menu minum lainnya adalah fresh fruit juice, latte, sparkling, mocktail, smoothies, milkshake, ice blend, variant hot and ice tea, serta variant hot and ice coffee, dan lain-lain. Menu-menu di Gulo Klopo diolah oleh dua orang chef yang sudah berpengalaman.

Event. Restoran dan cafe Gulo Klopo sering dijadikan tempat event, seperti pernikahan, lamaran, gathering dan lain sebagainya. Menurut Dimas, untuk event wedding pernah sampai 800 pax dengan tamu yang datang dan pergi. Sementara untuk kapasitas ala-carte-nya lebih dari 150 pax.
Semua ruangan resto, baik di gedung utama lantai atas dan bawah maupun ruangan belakang, bisa di-booking untuk event. Bila mem-booking untuk event pernikahan, maka penyewa bisa memakai ruang meeting sebagai ruang rias. Ruang meeting bisa menampung 10-15 orang. Sementara kapasitas ruangan utama mencapai 50 orang.

“Kita tetap berpromosi melalui Instagram, Youtube seperti di channel Mamade, serta dari rekomendasi word by mouth. Alhamdulillah di tahun ketiga rating kita di Google semakin meningkat,” kata Dimas.

wisc store
To Top