Product

Peran Caregiver bagi Penderita Diabetes di Tengah Pandemi

VemmeDaily.com, Jakarta – Di dunia diabetes masih menjadi masalah kesehatan utama. Indonesia masuk peringat ke-7 atau 10 besar negara di dunia dengan kasus diabetes terbesar.

Data International Diabetes Federation (IDF) Diabetes Atlas, dengan jumlah 10.681.400 jiwa penderita diabetes (diabetesi) dari 172.244.700 jiwa total populasi orang dewasa di Indonesia. Artinya, sekitar 1 dari 25 orang Indonesia terdeteksi menderita diabetes.

Sementara berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka prevalensi diabetes di Indonesia di angka 10,9 persen dan diprediksi akan terus meningkat.

Menjelang peringatan World Diabetes Day (WDD) 2020, selain angka prevalensi yang terus meningkat, kondisi pandemi Covid-19 juga menjadi ancaman baru bagi para penderita diabetes.

Orang lanjut usia dan orang dengan penyakit penyerta seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, dan asma lebih rentan mengalami risiko komplikasi bila terinfeksi virus Covid-19. Berdasarkan data dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, orang yang terpapar virus Covid-19 dengan kondisi penyerta penyakit diabetes, menduduki peringkat kedua terbanyak.

Ketika diabetesi terkena infeksi virus, mereka akan lebih sulit diobati sebagai akibat dari fluktuasi level gula darahnya dan kemungkinan hadirnya komplikasi diabetes. Pasalnya, jika gula darah diabetesi tidak stabil, akan mengakibatkan imunitas tubuh menjadi lemah dan mudah terpapar virus.

Berdasarkan data, penderita diabetes dengan Covid-19 cenderung kondisinya lebih berat dan bahkan berdampak fatal. Karena itu, jika diabetes dapat dicegah, angka kematian akibat Covid-19 mungkin bisa jauh lebih rendah.

Director of Special Needs & Healthy Lifestyle Nutrition KALBE Nutritionals Tunghadi Indra menyatakan KALBE Nutritional melalui brand Diabetasol nutrisi untuk diabetes, menaruh perhatian khusus terkait data prevalensi diabetes yang ada dan menegaskan komitmennya untuk terus melakukan edukasi cara mengatasi diabetes kepada masyarakat luas.

Menurut Tunghadi, melihat angka prevalensi diabetes di dunia dan khususnya di Indonesia yang masih meninggi, menunjukkan sebenarnya masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan secara bersama-sama, terutama dalam hal kesadaran masyarakat tentang diabetes ini. Terutama kondisi pandemi saat ini yang mengharuskan penderita diabetes harus lebih waspada dan berhati-hati untuk menjaga gula darahnya.

“Kami sebagai produsen nutrisi untuk diabetes akan terus membantu mengedukasi masyarakat tentang pola makan diabetes secara komprehensif, sehingga bersama-sama dapat menekan angka prevalensi diabetes dan membantu meminimalkan para penderita diabetes terpapar Covid-19,” ungkap Tunghadi.

Kesadaran masyarakat memang perlu dilakukan secara terus menerus terutama jika melihat data dari IDF yang mencatat ada 463 juta orang dewasa menderita diabetes dan lebih dari setengah penderita diabetes tersebut adalah orang dewasa yang tidak terdiagnosis. Dari setengah kasus yang tidak terdiagnosis tersebut, sebesar 90 persen menderita diabetes tipe 2 atau diabetes melitus yang diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat.

Karena itu, menurut Tunghadi perlunya dibentuk komunitas masyarakat yang sadar diabetes, sehingga semakin banyak orang yang mampu menjadi caregiver diabetes.

Adapun caregiver adalah setiap orang yang bisa menjadi sistem pendukung (support system) bagi penderita diabetes, contoh sederhananya saja adalah keluarga dekat. Caregiver diharapkan memahami penyebab penyakit diabetes, gejala diabetes, jenis-jenis penyakit diabetes, cara mencegah diabetes, pemicu gula darah naik, cara menormalkan gula darah, bahkan cara mengobati diabetes.

Peran Caregiver (Keluarga)

Diabetes merupakan penyakit seumur hidup dan tidak ada cara menyembuhkan diabetes. Karena itu, upaya pengawasan dan pemantauan secara intensif bagi diabetesi menjadi penting.

Upaya tersebut tentunya tidak dapat sepenuhnya diserahkan kepada dokter atau tenaga medis saja. Karena itu, caregiver memiliki peran penting terutama dalam manajemen diabetes untuk mengontrol gula darah agar tetap stabil.

Salah satu hal yang dilakukan caregiver adalah mengatur pola makan penderita diabetes, menyusun resep menu diabetes, dan memotivasi serta memastikan diabetesi patuh dalam mengonsumsi makanan untuk orang diabetes.

Caregiver berperan penting dalam menangani anggota keluarganya yang menderita diabetes. Keluarga sangat berperan dalam memastikan asupan nutrisi untuk diabetes yang tepat, pemeriksaan kesehatan ke dokter, aktivitas fisik, dan cara mengobati diabetes.

Caregiver sendiri perlu menyadari betapa pentingnya kepatuhan dalam menjaga gula darah stabil yang harus dilakukan seumur hidup, terutama untuk mencegah komplikasi lebih lanjut yang bisa berujung pada kematian.

Berbagai informasi pendukung mengenai diabetes yang harus dipahami oleh diabetesi dan caregiver/keluarganya dapat diakses secara daring sepanjang waktu di https://diabetasol.com/id.

Bersama Diabetasol, Sayangi Dia

Dalam rangka Hari Diabetes Sedunia 2020 ini, Diabetasol akan kembali mengadakan serangkaian kegiatan, kali ini dengan payung kampanye “Bersama Diabetasol, Sayangi Dia”. Kampanye ini mengandung ajakan agar semua pihak mulai dari tenaga medis, keluarga, sahabat, dan kerabat mempunyai peran aktif dalam memberikan dukungan bagi penderita diabetes.

Hari Diabetes Sedunia merupakan kesempatan bagi Diabetasol untuk menggemakan kesadaran akan diabetes. Diabetasol sebagai total solusi nutrisi diabetes yang selalu menemani penderita diabetes dalam mengatur pola makan sehat.

Tahun ini, Diabetasol mengajak para caregiver untuk lebih peduli dalam melakukan pendampingan kepada penderita diabetes serta edukasi melalui TV dan video kampanye digital Diabetasol terbaru yang bisa diakses melalui YouTube Channel Diabetasol Indonesia- https://youtu.be/gXS9JcD-94Y.

Diabetasol mengajak para caregiver untuk mewujudnyatakan kepedulian bagi anggota keluarganya yang menderita diabetes melalui paket khusus caregiver di KALCare Official Store- https://bit.ly/37t8ES7 di Shopee.

Para caregiver pun dapat berpartisipasi dalam kontes testimoni yang diadakan di Facebook Page Diabetasol- https://www.facebook.com/diabetasol dan akun Instagram @diabetasol_id- https://www.instagram.com/diabetasol_id.

Seperti peringatan WDD di tahun-tahun sebelumnya, Diabetasol akan mengadakan serangkaian acara edukasi secara live yang dilakukan serempak di berbagai kota di Indonesia dengan melibatkan Klikdokter dan anggota Persadia (Persatuan Diabetes Indonesia) serta edukasi kerjasama dengan beberapa rumah sakit di Indonesia.

“Marilah kita bersama-sama melakukan komitmen untuk turut serta dan berperan aktif dalam mendampingi diabetesi untuk menjaga gula darah mereka agar tetap stabil dan mereka dapat hidup dengan sehat,” ujar Tunghadi Indra.

wisc store
To Top