Lifestyle

Infeksi Listeria Akibat Jamur Enoki

Ilustrasi Foto Via newfoodmagazine.com

VemmeDaily.com, Jakarta – Penyakit infeksi listeria akibat jamur enoki sedang mewabah di Amerika Serikat, Kanada dan Australia. Infeksi Listeria akibat jamur enoki juga menghebohkan tanah air.

Infeksi listeria merupakan penyakit foodborne atau yang ditularkan melalui makanan yang telah terkontaminasi bakteri listeria monocytogeneses.

Orang yang tubuhnya sehat jarang menjadi sakit akibat infeksi listeria. Namun, infeksi listeria atau listeriosis ini berdampak sangat serius pada ibu hamil, lanjut usia di atas 65 tahun, balita, serta orang dengan sistem imun yang rendah.

Bakteri Listeria monocytogenes bisa ditemukan pada daging yang tidak dimasak dengan benar, susu yang tidak di-pasteurisasi, serta jamur enoki yang diproduksi oleh perusahaan pangan Sun Hong Foods dan Green Co, LTD asal Korea Selatan.

Bakteri listeria monocytogenes dapat hidup di lingkungan lembab, tanah, air, vegetasi yang membusuk, dan hewan. Bakteri ini juga dapat bertahan di pendingin udara atau makanan yang diawetkan.

Gejala Infeksi Listeria

Infeksi listeria menimbulkan gejala yang mirip flu. Mengutip dari laman resmi Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, ada berbagai gejala listeriosis yang muncul, tergantung pada keparahan penyakitnya.

Gejala seseorang terkena infeksi listeria adalah demam, nyeri otot dan sendi, pusing hingga diare. Gejala ini timbul setelah 2-3 jam, beberapa hari setelah konsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri atau ada yang baru bergejala setelah 30 hari.

Kondisi itu bisa berkembang semakin parah dalam waktu tiga hari hingga tiga bulan.

Bila infeksinya menyebar sampai ke sistem saraf, gejala yang perlu diwaspadai adalah nyeri kepala, kaku pada leher, pusing dan bingung, kehilangan keseimbangan, serta kejang.

Pada ibu hamil, infeksi bakteri ini hanya menimbulkan gejala yang ringan. Tapi dampaknya pada bayi dalam kandungan sangat berat seperti keguguran, kelahiran prematur, infeksi pada bayi baru lahir, bahkan bisa menyebabkan meninggal sebelum dilahirkan.

Oleh karena itu, bila sehabis konsumsi jamur enoki dan merasakan gejala sakit terutama demam, pusing, nyeri otot dan diare sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Pengobatan infeksi listeria bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan gejalanya. Kebanyakan orang dengan gejala ringan tidak memerlukan perawatan. Infeksi yang lebih serius dapat diobati dengan antibiotik.

Infeksi listeria dapat berlangsung sekitar satu minggu hingga sekitar enam minggu, tergantung pada tingkat keparahan infeksi.

Sebaiknya memasak makanan, dan menghindari makanan dan cairan yang terkontaminasi oleh kotoran hewan atau manusia dapat mencegah infeksi.

Infeksi listeria menyebar dengan memakan makanan yang terkontaminasi dengan listeria. Namun juga dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak seksual dan menyebar dari ibu ke anak selama kehamilan atau persalinan.

Jika tidak segera ditangani, penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi berupa bakteremia dan meningitis.

Cara Mencegah

Untuk mencegah infeksi listeria adalah dengan memperlambat pertumbuhan bakteri L. Monocytogenes, dengan mengatur kulkas hingga 4 derajat Celcius dan freezer hingga -18 derajat Celcius.

Berikut langkah-langkah yang dianjurkan FDA untuk mencegah adanya bakteri listeria:

  • Bersihkan isi kulkas, talenan, dan peralatan lain yang bisa mengkontaminasi makanan. Caranya bisa bersihkan dengan larutan kaporit pada air hangat. Setelah itu, keringkan dengan kain atau tisu bersih.
  • Bersihkan segala macam noda dan kotoran yang ada di dalam kulkas.
  • Cuci tangan dengan air hangat dan sabut setidaknya selama 20 detik, sebelum dan sesudah menangani makanan, atau setelah membersihkan peralatan seperti kulkas.
  • Pada wanita hamil, orang tua, dan orang dengan imunitas lemah harus menghindari makanan tertentu, seperti susu dan keju yang tidak dipasteurisasi, kecambah mentah, ikan mentah, dan beberapa makanan mentah lainnya yang berisiko tinggi terkontaminasi L. monocytogenes.
  • Untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang dari hewan ke manusia, jaga kebersihan alat-alat yang digunakan untuk memberi makan binatang peliharaan.

Selain jamur enoki, bakteri listeria juga ada di beberapa bahan makanan lainnya. Berikut langkah dari Centers for Disease Control and Prevention:

  • Hindari konsumsi susu yang belum dipasteurisasi.
  • Masaklah jamur, kecambah, dan sayuran apapun dengan baik sebelum dikonsumsi, untuk menghilangkan bakterinya.
  • Segera simpan melon yang sudah dipotong di lemari es dan konsumsi tidak lebih dari 7 hari.
  • Hindari konsumsi daging setelah matang atau mentah. Pastikan untuk memasaknya dengan baik sebelum dikonsumsi.
  • Hindari konsumsi ikan asap yang tidak terjamin kebersihannya.
  • Kalengan dan seafood mentah
  • Makanan yang didingingkan dalam waktu yang lama
  • Makanan yang diawetkan
  • Sayuran bit, wortel, dan kentang, tumbuhan yang dapat bersentuhan dengan listeria di tanah
wisc store
To Top