Whats On

Koleksi Emasku, Fitur Baru Investasi Emas dari Tanamduit

Ilustrasi Foto via Shutterstock

VemmeDaily.com, Jakarta – Tertarik untuk berinvestasi emas? Saat ini Tanamduit, platform digital manajemen keuangan telah resmi merilis Koleksi Emasku. Yakni fitur baru yang ditawarkan kepada nasabah untuk membeli, menyimpan, dan menjual emas fisik secara daring.

Menurut Founder & Chairman Tanamduit Indra Suryawan, dengan menggunakan fitur Koleksi Emasku, nasabah memiliki akses yang lebih fleksibel dan mudah untuk melakukan investasi emas.

“Nasabah sudah dapat membeli emas mulai dari 0,1 gram dan dapat disimpan maupun dicetak sesuai keinginan nasabah. Hasil cetak emas fisik tersebut akan dikirimkan kepada nasabah dalam kemasan kartu eksklusif dengan pilihan desain yang unik sesuai pilihan,” ujar Indra, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/6/2020).

Melalui fitur Koleksi Emasku, nasabah bebas bertransaksi kapan saja selama 24 jam. Nasabah juga dapat mengikuti perkembangan harga beli emas secara berkala per hari sehingga nasabah tidak kehilangan momentum yang tepat untuk melakukan transaksi.

Tabungan emas dapat dicetak secara fisik dengan kartu emas meskipun beratnya hanya 0,1 gram. Selain itu, nasabah dapat melakukan pembelian realtime tanpa harus menunggu update saldo.

Penjualan emas melalui Koleksi Emasku tidak memiliki batasan nilai rupiah karena disesuaikan jumlahnya dengan kepemilikan emas dalam hitungan gram dan minimum penjualan emas sebesar 0,1 gram.

Sejak awal 2020, harga emas naik sekitar 21,24 persen sedangkan harga saham yang terlihat dalam Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun sekitar 23,05 persen (data per 2 Juni 2020).

Sementara untuk memaksimalkan pelayanan dan kenyamanan sebagai aplikasi wealth management, Tanamduit bekerjasama dengan Masduit anak usaha dan distributor tunggal dari PT Hartadinata Abadi Tbk yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pabrikan dan perdagangan emas.

Untuk memudahkan nasabah, emas yang telah dicetak dapat dijual kembali dengan harga buyback yang kompetitif dan transparan di lebih dari 20 toko emas atau perhiasan yang bekerjasama dengan tanamduit atau seperti layaknya emas di toko toko emas pada umumnya.

Adapun untuk pembelian emas ini nasabah dapat menggunakan saldo yang ada di uang elektronik gopay, LinkAja, Dana dan Shopeepay.

Selain menawarkan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bertransaksi, tanamduit Koleksi Emasku juga menawarkan kepemilikan emas yang lebih personal melalui desain menarik di kemasan (kartu) cetak emas secara fisik.

Desain kartu yang ada selalu berubah setiap musimnya sehingga nasabah dapat mengoleksi aneka desain yang dapat dipilih melalui aplikasi tanamduit.

Indra mengatakan fitur Koleksi Emasku bisa dicetak dalam kemasan kartu eksklusif dengan ragam desain menarik sesuai keinginan nasabah.

“Berbeda dengan kompetitor, emas yang tidak dicetak akan disimpan di lembaga yang berfungsi sebagai kustodian dan penyimpanannya atas nama pribadi nasabah. Emas yang dicetak dalam kemasan kartu juga dapat di antar ke nasabah,” ujar Indra.

Dengan adanya fitur tersebut diharapkan investasi dapat menjadi bagian dari gaya hidup para millennial di Indonesia. Salah satunya dengan cara mengoleksi ragam desain kartu Koleksi Emasku dari tanamduit.

Lebih lanjut menurut Indra, di tengah kondisi pandemi Covid-19, dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah dan anjuran physical distancing menyulitkan orang melakukan pembelian atau penjualan emas di toko perhiasan.

Dengan platform Tanamduit, masyarakat dapat tetap berada di rumah dan dapat dengan mudah melakukan transaksi emas tanpa harus pergi ke luar rumah atau ke toko emas.

Mengapa berinvestasi emas bagus? Emas disebut sebagai aset safe-haven (aman) dan merupakan instrumen investasi yang banyak diminati oleh masyarakat sejak dulu. Berbeda dengan investasi pada saham, harga emas justru mengalami kenaikan pada saat terjadi krisis seperti kondisi saat ini.

Emas juga dilihat sebagai investasi yang sebanding dengan mata uang dolar Amerika Serikat (USD), mengingat patokan harga emas dunia menggunakan mata uang dolar AS.

Di sisi lain, seperti layaknya harga komoditas, harga emas tentunya juga memiliki volatilitas namun dalam jangka panjang harga emas mempunyai kecenderungan tren yang selalu meningkat.

Berdasarkan situs www.harga-emas.org, dalam lima tahun terakhir harga emas mengalami kenaikan sebesar 62,85 persen dengan rata-rata kenaikan per tahun 10,24 persen. Ia menilai, sebaiknya emas dijadikan investasi jangka panjang, terutama untuk menghadapi situasi krisis ekonomi.

wisc store
To Top