Lifestyle

Hadapi New Normal, Purito Hadirkan Produk Tabir Surya dengan Perlindungan Tinggi

VemmeDaily.com, Jakarta – Besarnya intensitas cahaya matahari di negara beriklim tropis seperti Indonesia, membawa tantangan tersendiri bagi perawatan kulit. Jika tidak dilakukan dengan benar, berbagai resiko penyakit yang disebabkan sinar ultraviolet telah menanti, dari mulai yang ringan seperti masalah pigmentasi sampai yang bisa berakibat fatal seperti kanker.

Resiko tersebut akan meningkat hingga dua kali lipat saat mulainya musim kemarau pada sekitar pertengahan bulan Juni nanti, yang kemungkinan juga akan bertepatan dengan kembali diperbolehkannya masyarakat melakukan aktifitas di luar rumah, setelah protokol kesehatan new normal untuk menghadapi pandemi Covid-19 diberlakukan. Namun demikian, Anda tak perlu khawatir berlebihan karena semua resiko ini dapat diminimalisir dengan menggunakan produk tabir surya.

Bukan hal yang susah untuk mendapatkan produk tabir surya. Di pasaran tersedia banyak pilihan mulai dari yang berharga sangat murah sampai sangat mahal, dari merek tak dikenal hingga merek premium. Kabar baiknya, pilihan tersebut kini juga bertambah dengan hadirnya PURITO, produsen perawatan kulit ternama asal Korea yang baru masuk secara resmi ke tanah air belum lama ini.

“Memperkenalkan PURITO Centella Green Unscented Sun dan PURITO Sunblock Comfy Water, dua produk yang kami harap dapat membuat perbedaan di pasar produk tabir surya Indonesia,” kata Levina Adelyn, brand manager PURITO untuk Indonesia, dalam keterangannya di Jakarta, 4/6.

Lebih lanjut dijelaskan, PURITO Centella Green Unscented Sun merupakan Sunscreen yang tidak memiliki aroma kuat, mengandung kombinasi konsentrat Cetella, Cica-Care dan Madecassiode. Menurut uji klinis ketiga konsentrat ini terbukti dapat menyaring lebih efektif bahaya sinar UVA dan UVB. Sedangkan PURITO Comfy Water adalah Sunblock bertekstur sangat ringan yang karena itu sangat ramah kulit sensitif sehingga dapat digunakan juga oleh bayi. Produk ini berbahan dasar air murni hingga 70% serta mengandung ekstra bahan alami Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) dan daun Aloe Barbadensis, kemampuannya juga sama baiknya dengan Unscented Sun. Keduanya juga sama-sama berlabel SPF50++ dan PA++++.

Ada dua jenis radiasi matahari yang berbahaya bagi kulit manusia yakni UVA dan UVB. Berdasarkan potensi ancaman, dan agar Anda dapat dengan mudah mengingat tingkat bahayanya, silahkan ingat UVA sebagai UVAging dan UVB sebagai UVBurning. Paparan UVA berpotensi menembus kulit lebih dalam dari UVB, maka karena itu ia dianggap lebih berbahaya karena dapat menyebabkan penuaan dini kulit bahkan kanker, sementara paparan UVB, meski dapat menolong proses pembentuk Vitamin D di dalam tubuh, berpotensi merusak melanin sehingga bisa membuat kulit jadi lebih gelap.

Nah, Sunscreen berbeda dengan sunblock dalam kemampuan menangkal semua yang ada pada kedua jenis radiasi tersebut. Suncreen hanya menangkal semua yang merusak dan membiarkan yang baik (yaitu sumber pembentuk vitamin D), sementara sunblock menangkal semuanya.

Lalu, soal label SPF dan PA, ahli dermatologis menjelaskan kalau SPF berfungsi menangkal bahaya sinar UVB, sedangkan PA berfungsi untuk menangkal bahaya sinar UVA. SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor, sedangkan PA merupakan singkatan dari Protection Guide of UVA. Angka pada label SPF menunjukkan lama daya perlindungan yang dapat diberikan, sementara simbol + yang tertera mengindikasikan perbedaan tingkat perlindungan. Semakin tinggi angkanya dan semakin banyak tanda + yang tertera berarti semakin lama dan tinggi tingkat perlindungan yang dapat diberikan.

Sekarang, untuk mengetahui lama waktu sebuah sunscreen atau sunblock dapat melindungi kulit, tinggal kalikan angka yang tertera di label SPF dengan lamanya waktu yang dibutuhkan tipe kulit Anda dalam menahan paparan langsung cahaya matahari. Anda yang berkulit tipe gelap punya kemampuan lebih kuat dalam menahan efek burning atau sensasi terbakar akibat paparan langsung sinar matahari, begitupun sebaliknya. Tipe kulit paling gelap umumnya dianggap mampu bertahan selama 20 menit, dan tipe kulit paling terang selama 10 menit.

Jadi, jika kulit Anda tipe terang dan menggunakan sunscreen atau sunblock berlabel SPF50 seperti yang dipunyai PURITO Centella Green Unscented Sun atau Comfy Water, maka maksimal lama perlindungan yang anda dapatkan adalah 50 dikali 10 atau 500 menit. Lalu, karena keduanya berlabel PA++++, maka Anda sekaligus juga akan mendapatkan tingkat perlindungan paling tinggi dari radiasi UVA, atau jenis radiasi matahari yang paling berbahaya.

Kembali pada keterangan Levina Adelyn, baik PURITO Centella Green Unscented Sun atau Comfy Water saat ini hanya bisa didapatkan di Purito Official Store-Tokopedia. Bagi anda yang tertarik mencobanya, Levina menjanjikan banyak bonus menarik selama masa perkenalan berlangsung. Bonus serupa juga menanti untuk lini skincare PURITO yang lain, seperti serum, cleansing oil, toner dsbnya.

wisc store
To Top