Lifestyle

Diet Menyenangkan Setelah Hari Raya

Foto: shutterstock.com

VemmeDaily.com, Jakarta – Setelah Hari Raya biasanya seseorang masih menyantap makanan dan minuman khas Lebaran yang enak-enak, gurih dan manis. Jika makan banyak dan tidak terkontrol, maka berat badan pun bisa melonjak.

Bagaimana menurunkannya kembali? Cara diet yang cepat dan menyenangkan menjadi impian setiap orang untuk menurunkan berat badan. Berat badan turun, tetapi Anda tidak tersiksa dengan diet yang ketat. Lantas seperti apa saja diet yang menyenangkan?

Porsi Kecil tetapi Sering

Diet dengan porsi kecil tetapi sering dapat menurunkan berat badan. Menyenangkan, Anda bisa makan sering lima kali sehari yakni makan pagi, selingan, makan siang, selingan, dan makan malam. Almira Sekarmuti, S.Gz., Nutritionist, dengan makan sering dan porsi kecil maka bisa menurunkan berat badan ideal ½ hingga 1,5 kg dalam seminggu. Dengan pola makan porsi kecil, tetapi sering makan anak meningkatkan metabolisme tubuh. Meski porsinya kecil, tetapi tetap asupan gizi seimbang diperhatikan.

Jenis Makanan

Untuk makanannya tidak dianjurkan makan yang asin atau terlalu banyak garam, karena garam bisa mengikat cairan tubuh. Kurangi juga asupan gula, karena bisa membuat Anda sulit menurunkan berat badan. Gula bisa diganti dengan madu dan agar tetap fit tambahkan suplemen multivitamin.

Disiplin

Dalam menjalani diet, Anda harus disiplin. Jika tidak disiplin dan masih suka ngemil kue-kue dan minuman manis, maka akan sulit menurunkan berat badan.

Jangan Diet Ketat

Diet ketat tidak akan memberikan hasil yang bertahan lama, karena penurunan yang terlalu cepat akan menyebabkan yoyo syndrome. Asupan kalori yang rendah menyebabkan tubuh kekurangan gizi.

Olahraga Juga Menyenangkan

Selain diet yang menyenangkan, lakukan juga olahraga yang menyenangkan atau ringan agar penurunan berat badan diperoleh. Seperti jogging dan jalan cepat agar tidak terlalu capek. Olahraga yang seperti ini tidak akan menguras energi dan setelah berolahraga masih bisa melakukan aktivitas lain. Olahraga yang berat akan menyebabkan rasa lapar. Rasa lapar yang timbul menunjukkan kegagalan diet.

Dengan melakukan diet yang menyenangkan secara disiplin, serta melakukan olahraga yang menyenangkan maka dalam sebulan berat badan bisa turun 2-4 kg sebulan. Menyenangkan, bukan?

wisc store
To Top