Lifestyle

Tips Merawat Kucing Kesayangan

VemmeDaily.com, Jakarta – “Pelukan hangat, sapaan ringan dan sorot mata meneduhkan datang dari makhluk ciptaan Tuhan berkaki empat ini. Ekspresi lucu yang mengharukan membuat para pecintanya tak ingin lepas untuk mendekap mereka…lebih lama..dan lama lagi”

Memutuskan untuk mencintai hewan peliharaan khususnya kucing di rumah tak akan lepas dari tanggung jawab kita untuk membuat mereka tetap sehat. Hal yang paling penting untuk diingat, jadikan mereka sebagai sahabat atau anggota keluarga, bukan sebagai mainan atau pelepas kebosanan. Bagi yang memiliki keinginan untuk memelihara kucing di rumah, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini yang dikutip dari berbagai sumber:

Pemeriksaan Rutin
Lakukan pemeriksaan rutin hewan kepada dokter hewan. Setiap fase dalam kehidupan kucing mempunyai masalah yang berbeda. Pada fase anakan (kitten atau puppies) biasanya mempunyai masalah pada kekebalan tubuh, anak kucing sangat rentan terinfeksi virus. Baik virus yang menyerang saluran cerna, maupun saluran pernafasan.

Untuk mencegah kondisi tersebut terjadi, dokter hewan akan menyarankan untuk melakukan vaksinasi pada hewan. Perlu diingat, semua ras kucing dapat terserang virus tersebut. Lakukan vaksinasi dan pemeriksaan rutin kepada dokter hewan untuk mencegah kucing terkena infeksi virus. Umur untuk melakukan vaksinasi awal pada kucing adalah 2 (dua) bulan.

Luangkan Waktu Khusus
Sediakan waktu khusus untuk bermain atau berinteraksi dengan hewan peliharaan. Bermain adalah hal yang sangat disukai oleh kucing. Dengan mengajak bermain, dapat membuat mereka merasa senang dan mencegah terjadinya kegemukan pada hewan. Setidaknya luangkan waktu selama 20 menit untuk melakukan kegiatan bersama dengan hewan peliharaan untuk menjaga kesehatan mereka.

Pemilihan Pakan yang Tepat
Kucing adalah hewan karnivora (pemakan daging). Pakan yang baik adalah pakan yang mengandung protein dengan komposisi yang lebih banyak daripada karbohidrat dan lemak. Di tempat penjualan makanan hewan, banyak dijual berbagai macam jenis dari berbagai merek. Pilihlah pakan yang sesuai dengan fase kehidupan. Pakan jenis kitten digunakan untuk anak kucing, pakan adult untuk kucing dewasa.

Pemberian Pakan
Bila akan memberikan pakan untuk hewan kesayangannya, usahakan untuk menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan mereka. Berikan pakan sesuai dengan berat badan hewan. Jika mereka memiliki berat di bawah ideal, tambahkan porsi makan mereka. Tapi, jika sudah memiliki atau berat badan di atas ideal, segera batasi pemberian pakannya. Waktu pemberian pakan yang baik adalah di pagi hari dan sore hari.

Ciptakan Lingkungan Bersih
Lingkungan merupakan faktor yang sangat berpengaruh untuk kesehatan hewan kesayangannya. Lingkungan yang bersih akan membuat mereka nyaman dan bahagia. Gimana sih caranya? Mulai lakukan pembersihan kandang minimal 2x sehari setiap hari untuk mendapatkan lingkungan bersih bagi anjing dan kucing. Usahakan kebiasaan ini menjadi kewajiban untuk dilakukan.

wisc store
To Top