Whats On

Cegah Infeksi Corona dengan Menjaga Kebersihan Diri

Foto: istimewa

VemmeDaily.com, Jakarta – Jumlah pasien positif corona atau COVID-19 di Indonesia terus bertambah. Kamis, 09 April 2020, tercatat 3,293 penduduk Indonesia positif menderita virus mematikan ini. Dari jumlah tersebut, 1706 kasus positif corona berada di wilayah DKI Jakarta. Sebab itu penting bagi kita semua untuk mengendalikan laju penyebaran penyakit ini.

Di masa pandemi seperti sekarang, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Salah satu cara paling efektif dan sederhana untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan menjaga kebersihan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Cara menjaga kebersihan diri sebenarnya tidaklah sulit. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

Sering mencuci tangan
“Basuhlah tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun”, itulah yang seringkali kita dengar dari para dokter dan praktisi kesehatan untuk menjaga diri kita dari paparan bakteri dan virus. Tak terkecuali dari paparan virus corona.

Pasalnya, virus ini sangat mudah menular melalui droplet atau percikan air liur. Percikan itu berpotensi keluar dari mulut penderita saat bersin atau batuk. Jika percikan tersebut menempel ke tangan atau permukaan benda-benda yang sering Anda sentuh, maka virus akan dengan mudah masuk ke tubuh.

Untuk mengatasi masalah ini, ONDA Sanitary and plumbing sebagai merk produk saluran air bersih, bergandengan tangan dengan Pemerintah Daerah DKI Jakarta untuk mensosialisasikan cara cuci tangan yang efektif, di sekolah-sekolah dan berbagai fasilitas umum. Selain itu, toko-toko bangunan di seluruh pelosok Indonesia juga turut berkontribusi dalam mensosialisasikan cara cuci tangan yang efektif ini dalam bentuk penempelan poster.

Menurut Hansel F. Setiabudi, Public Relations Manager ONDA, hal ini bertujuan untuk meningkatkan standar kebersihan masyarakat agar terhindar dari berbagai bakteri dan virus.
“Selalu berpikir positif, dan berperilaku hidup yang bersih dan sehat, bagi keluarga kita dan masyarakat Indonesia yang kita cintai,” tambah Hansel.

Menjaga jarak atau social distancing
Droplet atau percikan air liur yang berisi virus corona, bisa terbang sejauh kurang lebih 2 meter. Jika Anda berdiri berdesakan atau tidak menjaga jarak dengan orang yang positif COVID-19, maka droplet akan dengan mudah menempel di tubuh Anda dan virus pun ikut berpindah.

Itulah alasannya, social distancing sangat disarankan sebagai pencegahan infeksi virus corona. Lagipula, kita sudah memiliki banyak bukti nyata. Ketika social distancing tidak dipraktikan, maka penularan virus corona secara massal sangat mudah terjadi, seperti di kota Daegu Korea Selatan, dan Malaysia, yang saat ini harus melalui lockdown untuk menahan laju persebaran penyakit.

Tidak sering menyentuh wajah
Cara menjaga kebersihan yang satu ini, mungkin terdengar sederhana, tapi sebenarnya sedikit lebih sulit dilakukan dibandingkan langkah lainnya. Sering sekali, secara tidak sadar menyentuh wajah dengan mengusap hidung, mengucek mata, atau menyentuh mulut.

Namun demi terhindar dari infeksi corona, mulai sekarang perlu benar-benar menghentikan kebiasaan ini, kecuali Anda yakin betul bahwa tangan dalam keadaan bersih. Wajah kita, tepatnya mata, hidung, dan mulut, adalah pintu masuk virus corona, dan apabila terus menyentuhnya dengan tangan yang kotor, sama saja membuka pintu itu lebar-lebar.

Mempraktikkan etika bersin dan batuk
Sebenarnya, saat sedang tidak pandemi corona pun kita harus menerapkan etika batuk dan bersin ini. Biasakan, saat Anda batuk dan bersin, tutup mulut Anda menggunakan tisu. Jika tidak ada tisu, tutuplah mulut dengan siku bagian dalam.

Dengan begitu, droplet yang keluar dari mulut kita (yang bisa saja mengandung virus penyebab COVID-19) tidak menyebar dengan mudah ke tempat lain. Etika batuk dan bersin ini juga berguna untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit infeksi lain, termasuk TBC.

Memakai masker jika sedang sakit
Bagi Anda yang sedang mengalami gejala corona, maka Anda disarankan untuk menggunakan masker di dalam, maupun di luar rumah saat akan berangkat ke dokter. Mengapa di dalam rumah juga perlu menggunakan masker?

Sebab, Anda bisa saja menularkan ke anggota keluarga. Selain itu, langkah ini juga dilakukan untuk mencegah droplet Anda jatuh di berbagai permukaan di rumah, termasuk meja makan atau remote televisi.

Membersihkan permukaan barang yang sering disentuh
Virus corona diperkirakan bisa bertahan di permukaan benda selama beberapa jam hingga hari. Jadi, Anda sebaiknya sering-sering untuk memberishkan benda yang sering disentuh, seperti telepon genggam, gagang pintu, keyboard komputer, serta meja kerja.

Anda dapat membersihkannya menggunakan cairan disinfektan. Cairan disinfektan berbeda dengan hand sanitizer. Anda bisa membuat cairan disinfektan sendiri mencampurkan 5 sendok makan pemutih pakaian yang dicampur dengan sekitar 3,7 liter air atau menggunakan alkohol dengan kadar 70 persen.

Sebagai informasi, ONDA yang berada di bawah naungan PT Onda Mega Industri berdiri pada tahun 2000 menjadi solusi perlengkapan saluran air bersih masyarakat, seperti kran air, shower, valve dan fitting, serta berbagai aksesorisnya.

Dengan visi “Menjadi supplier sanitari dan plumbing terkemuka di Indonesia”, ONDA yang telah melaunching total 400-an varian produk selalu mengutamakan kualitas produk yang didukung oleh layanan ramah dan pengiriman cepat. Tidak berhenti disini, Onda ingin menawarkan produk yang dapat diakses oleh kelas bawah, menengah dan atas. Maka di tahun 2004, PT. Onda Mega Industri menghadirkan Dcota dan Onda Exclusive.

Setelah bergerak stabil di bidang sanitari dan plumbing, Onda melihat peluang di bidang sanitari mewah yang mengutamakan nilai estetika yang tinggi. Di tahun 2015 hadirlah Le Chateau, anak perusahaan Onda, yang khusus menawarkan produk premium. Sejak tahun 2012, Onda telah dipercaya masyarakat dan berhasil menorehkan berbagai macam prestasi seperti Top Brand Award, Indonesia Best Brand Award, First Indonesia Original Brand, Top Product Property dan Digital Popular Brand Award.

To Top