Lifestyle

10 Kiat Mengatasi Perbedaan Karakter Dalam Mahligai Pernikahan

Foto: Ilustrasi via azbigmedia.com

VemmeDaily.com, Jakarta – Sejoli yang memimpikan kehidupan rumah tangga nan langgeng seringkali terbentur dengan perbedaan karakter yang memicu terjadinya perang argumen. Bahkan, mereka yang terjebak dengan konflik seperti ini kerap dilanda kesulitan untuk mencari jalan keluar. Tak sedikit dari mereka yang harus menerima kenyataan pahit berupa hancurnya mahligai pernikahan. Sebaliknya, bagi mereka yang pintar mencari solusi jitu, perbedaan karakter justru akan membuat hubungannya menjadi lebih berwarna.

Padahal, menjalin hubungan dengan pasangan yang memiliki perbedaan karakter sama sekali tidak sulit. Walaupun cukup menantang. Kamu akan menemukan dirimu kesal pada pasangan terhadap beberapa atau banyak sekali hal. Dimulai dari perbedaan hobi, sifat, cara berkomunikasi, dan lain sebagainya. Akan tetapi, kalau kamu dan pasangan bisa membina kerukunan dan tidak ingin berpisah, berarti kalian patut diacungi jempol. Namun, kalau kamu masih waswas apakah hubungan kalian bisa tetap langgeng atau tidak, Denise Knowles, seorang konselor masalah rumah tangga dari Inggris, memberikan beberapa kiat dalam mengatasi perbedaan karakter dalam menjaga hubungan rumah tangga, yaitu:

Kamu dan Pasangan Harus Sama-Sama Mau Membuka Diri Untuk Belajar Dari Perbedaan Masing-Masing

Saat liburan, kamu lebih suka santai-santai saja di rumah, menonton film. Tetapi, pasangan maunya kalian jalan-jalan ke tempat wisata dan nyaris tidak pernah bisa diam. Pada awalnya, kamu kewalahan meladeni keinginan pasangan. Akan tetapi, kamu malah menemukan dirimu sangat bahagia saat jalan-jalan berdua dengannya. Pasangan juga begitu, sesekali dia mau menemanimu bersantai di rumah sambil menonton film berdua saja ditemani popcorn.

Kalau kamu mau membuka diri untuk melakukan sesuatu yang tidak nyaman kamu lakukan, kamu akan senang saat melakukan hal itu bersama pasangan.

Kamu dan Pasangan Harus Berpartisipasi dalam Hobi Satu Sama Lain Secara Emosional

Cari tahu mengapa pasangan sangat menyukai hobinya, apa yang dia rasakan saat melakukannya, dan dampak apa yang dia dapatkan dari hobinya tersebut. Kamu akan bisa menghargai hobi pasangan walaupun kamu tidak tertarik sama sekali dengan hobinya tersebut. Saat melihat pasangan melakukan hobinya dengan bahagia, kamu turut berbahagia juga sehingga kamu tidak mudah merasa jengkel atau ditinggalkan saat hobi kalian bentrok. Setelah itu, ajaklah pasangan ikut menyelami hobimu juga agar dia bisa menghargaimu dengan cara yang sama juga.

Kamu dan Pasangan Harus Terus Berkompromi

Semua hubungan sehat membutuhkan kompromi. Kamu akan menemukan dirimu lebih lihai dan mudah berkompromi dengan pasangan yang jauh berbeda darimu. Dimulai dari hal kecil, seperti menonton film favorit pasangan yang kamu benci atau mencoba makan di restoran favoritmu yang pasangan tidak suka. Lama-lama, kalian jadi bisa berlibur bersama di tujuan wisata yang kalian rencanakan bersama sesuai pertimbangan yang adil dan memuaskan kedua pihak.

Kamu dan Pasangan Harus Belajar Berargumen dengan Sehat dan Dewasa

Memiliki perbedaan karakter dalam hubungan pasti mengarah ke perbedaan pendapat, keyakinan, prinsip, politik, dan lain-lain. Jadi, kamu dan pasangan harus menyingkirkan ego masing-masing saat berdebat dan fokus mencari solusi masalah lalu belajar untuk menghormati perbedaan. Pelajari cara-cara berkomunikasi yang cerdas dan dewasa. Jangan pikirkan kamu harus ‘menang’ dalam argumen. Ekspresikan perasaanmu dengan terbuka dan sehat. Carilah persamaan dan kompromi daripada perbedaan.

Kamu dan Pasangan Harus Membuat Batas Diri yang Wajib Dihormati

Membuat batas bukan berarti kamu menutup diri dari pasangan. Artinya, kamu menuntut pasangan memperlakukanmu sesuai keinginanmu dan sebaliknya. Kamu bisa membuat batasan dalam banyak hal, dari apa saja yang membuatmu tidak nyaman untuk dilakukan, lelucon atau topik yang sangat sensitif bagimu, bagaimana cara pasangan seharusnya berkomunikasi denganmu, serta masih banyak lagi. Dengan cara ini, kamu akan tetap merasa aman dan nyaman dalam hubungan.

Kamu dan Pasangan Harus Membuat Jadwal Me Time

Kalau kamu punya kegiatan yang pasangan tidak suka atau sebaliknya, buatlah jadwal me time di mana kamu bisa melakukan kegiatanmu sendiri atau bersama teman. Pasangan tidak akan merasa tertekan melakukan sesuatu yang dia tidak suka.Namun, kamu bisa melakukan kegiatan pasangan yang kamu benci bersama-sama agar adil. Pastikan kamu tidak terlalu sering berpisah, ya.

Kamu dan Pasangan Harus Menemukan Sesuatu yang Sama-Sama Kalian Suka

Dari semua kegiatan dan jenis-jenis hobi yang ada, pasti ada salah satu yang senang kalian lakukan berdua. Cari tahu kegiatan itu. Jangan takut mengeksplor hal baru bersama-sama. Walaupun kalian nantinya malah akan menemukan kegiatan yang kalian benci, setidaknya kalian bisa menertawakannya bersama setelah itu. Teruslah cari kegiatan yang sama-sama cocok untuk kalian berdua. Hidup kalian akan terasa seperti petualangan kecil yang hanya kalian nikmati berdua.

Kamu dan Pasangan Harus Melatih Empati Agar Bisa Memahami Satu Sama Lain

Kalau pasangan merasa kesal dengan perbedaanmu, gunakan empati dan bayangkan kamu berada di posisi pasangan. Konflik akan jadi mudah terselesaikan karena kamu bisa menyelami perasaan pasangan. Pasangan juga akan mudah memahami perasaanmu ketika kamu merasa kesal melihat perbedaan yang ditunjukkan pasangan.

Kamu dan Pasangan Harus Melakukan Pengorbanan yang Seimbang

Tidak mungkin pasangan hanya mengikuti kemauanmu sedangkan kamu menolak untuk mengikuti keinginannya, bukan? Ada kalanya, kamu atau pasangan harus berkorban demi keberhasilan hubungan, selama pengorbanan tersebut selalu dilakukan dengan seimbang. Ketika kalian mentok di perbedaan, berpikirlah sejenak, carilah persamaan yang sama-sama memuaskan untuk kalian.

Kamu dan Pasangan Harus Mau Menghargai Perbedaan, Bukannya Menuntut Untuk Berubah

Kalau semua poin di atas kamu lakukan dengan benar, kamu akan mencintai perbedaan kalian, bukannya membencinya. Kamu merasa bahagia bisa menjadi bagian dari dunia pasangan yang jauh berbeda dari duniamu. Kamu jadi lebih mudah membuka dirimu dan menyesuaikan diri dengan hal-hal asing bagimu. Kamu sadar kamu tidak akan sekarat atau mati hanya karena harus melakukan hobi pasangan yang kamu tidak suka hari ini.

wisc store
To Top