Lifestyle

Girls, Simak 7 Tips Mudah Berjalan Kaki 10 Ribu Langkah Setiap Hari

Sumber Foto: www.nhregister.com

VemmeDaily.com, Jakarta – Tahukah kamu jika aktivitas sederhana seperti berjalan kaki memiliki manfaat yang cukup bagi kesehatan? Faktanya, berjalan kaki bisa membantu menambah stamina. Bahkan, Dilansir dari Cleveland Clinic, latihan kardiovaskular seperti jalan kaki dapat menurunkan detak jantung saat istirahat, tekanan darah, kolesterol, dan menormalkan gula darah.

Berapa banyak langkah per hari yang direkomendasikan untuk kesehatan?

Departemen Kesehatan dan Layanan Amerika Serikat tidak memiliki rekomendasi seberapa banyak langkah yang harus kamu lakukan per harinya. Meskipun begitu, Physical Activity Guidelines Amerika Serikat merekomendasikan agar orang dewasa melakukan 150 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas sedang atau 75 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas tinggi yang diimbangi dengan olahraga lainnya.

Untuk memenuhi rekomendasi tersebut, kamu perlu berjalan sekitar 7.000 sampai 8.000 langkah sehari. Terlebih bila kamu rutin berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari, maka ini sama saja sudah berjalan 8 kilometer! Bayangkan setiap 1 kilometer yang berhasil kamu tempuh dengan berjalan kaki akan membakar 35-120 kalori. Ini artinya, hanya dengan berjalan 10.000 langkah kaki setiap hari sudah bisa membakar hingga 1.000 kalori dalam tubuh. Itulah kenapa, para ahli tak lagi ragu bahwa manfaat berjalan kaki bisa membantu menurunkan berat badan.

Mungkin kedengarannya sulit dan berat, apalagi bagi kamu yang bekerja dari rumah, terbayang dong sulitnya meluangkan waktu untuk berjalan seribu langkah setiap hari? Namun ini bukan berarti mustahil dilakukan. Ada beberapa tips mudah berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari, berikut caranya :

  1. Sempatkan jalan kaki di sela-sela jam makan siang. Coba luangkan waktu setidaknya 10 menit untuk berjalan kaki di sekitar kantor saat jam makan siang. Selain membantu menyegarkan pikiran dan rasa penat sehabis bekerja, ini tentu akan bermanfaat untuk mewujudkan target 10.000 langkah kaki.
  2. Parkir kendaraan yang jauh. Ketika pergi jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, toko buku, atau ke kantor, pastikan memarkir kendaraan jauh dari tempat tujuan. Mau tidak mau, kamu akan terpaksa berjalan kaki lebih banyak untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Kalau dilakukan secara rutin, lama-kelamaan kamu akan terbiasa berjalan kaki. Tanpa disadari, tiba-tiba kamu sudah merasakan manfaat berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari.
  3. Pilih naik tangga daripada eskalator. Kalau biasanya kamu memilih menggunakan eskalator yang lebih praktis, cobalah biasakan diri untuk menggunakan tangga mulai sekarang. Selain membantu mewujudkan target 10.000 langkah kaki setiap hari, manfaat naik tangga juga bisa menurunkan risiko stroke.
  4. Pilih lokasi toilet yang jauh dari ruangan kantor Jangan salah, mewujudkan target 10.000 langkah kaki setiap hari juga bisa dilakukan di kantor. Salah satu caranya adalah memilih rute yang lebih jauh saat ingin pergi ke toilet atau mengambil air minum. Tidak ada salahnya bila sesekali kamu coba pergi ke toilet di lantai atas atau lantai bawah. Tentu saja, ini bertujuan supaya bisa jalan kaki lebih lama.
  5. Jalan santai bersama pasangan ataupun binatang peliharaan agar lebih menyenangkan.
  6. Ikut kegiatan acara jalan santai yang sering diadakan oleh komunitas.
  7. Memilih berjalan kaki ke Halte dan Stasiun ketimbang naik kendaraan. Biasanya, kamu akan naik ojek atau bajaj untuk sampai ke sana. Mulai sekarang, cobalah untuk berjalan kaki ke halte atau stasiun. Agar kamu bisa berjalan kaki dengan nyaman, berjalanlah di trotoar. Pilih waktu-waktu yang ideal untukmu di mana matahari tidak terlalu terik.
To Top