Lifestyle

Tips Pilih Sampo Sesuai Jenis Rambut

Ilustrasi via Istimewa

VemmeDaily.com, Jakarta – Meski terkesan sepele, tapi jangan sembarangan memilih sampo untuk keramas. Pemakaian sampo yang tidak membuat rambut rusak dan kehilangan keindahannya.

Pilih sampo sesuai jenis rambut, yaitu rambut kering, rambut berminyak dan rambut normal. Berikut tips memilih sampo sesuai jenis rambut:

Rambut Kering

Ciri rambut kering adalah terasa kasar, kusam, susah diatur, rapuh, mudah rontok dan patah. Penyebabnya penggunaan bahan kimia pada rambut seperti coloring maupun rebonding/smoothing, serta terlalu sering kering.

Untuk rambut kering pilih sampo yang banyak mengandung pelembab. Biasanya mengandung bahan-bahan untuk melembabkan rambut seperti susu, yoghurt, madu, minyak almond, chamomile dan minyak zaitun.

Keramas 2-3 hari sekali dan setelah keramas gunakan kondisioner untuk memperbaiki kutikula rambut yang berantakan karena keramas. Penggunaan kondisioner hanya pada batang rambut.

Rambut Berminyak

Ciri-cirinya rambut terasa lepek, tidak mengembang, kotor dan mudah berketombe. Pilih sampo yang bersifat ringan, yang banyak mengandung air dan buah-buahan seperti ekstrak lemon untuk menyegarkan kulit kepala.

Hindari sampo sekaligus kondisioner (sampo 2 in 1) karena mengandung banyak minyak yang menyebabkan ketombe.

Keramas dua hari sekali dan tidak memijat kepala terlalu keras karena dapat merangsang kulit kepala untuk memproduksi minyak lebih banyak. Tidak disarankan memakai kondisioner karena membuat rambut lepek dan mudah berketombe.

Rambut Normal

Ciri-cirinya adalah rambut mengkilap, lembut, kuat dan mudah diatur atau bisa dikatakan rambut yang sehat. Gunakan sampo daily therapy yang membuat rambut menjadi lembut dan indah. Pilih sampo yang memiliki kandungan air lebih banyak untuk keramas dan penggunaan kondisioner conditioner bisa dilakukan 3-4 hari sekali.

Selain keramas, sebaiknya imbangi dengan perawatan rambut lainnya dengan menggunakan hair tonic dan vitamin rambut setelah keramas yang disesuaikan dengan jenis rambut. Dianjurkan juga melakukan treatment hair mask dan hair spa.

wisc store
To Top