Whats On

Ayu Dyah Andari Hadirkan Rancangan Ramah Lingkungan

VemmeDaily.com, Jakarta – Fashion Rhapsody yang digagas oleh empat orang perancang busana kenamaan Indonesia, yaitu Ariy Arka, Ayu Dyah Andari, Chintami Atmanagara, dan Yulia Fandy telah sukses digelar di Mall Kota Kasablanka mulai 1-3 November 2019. Event fashion ini tidak sekedar memperlihatkan koleksi busana, tetapi mengangkat isu lingkungan.

Empat orang penggagas Fashion Rhapsody turut menggandeng desainer lain untuk membawa isu lingkungan dalam setiap rancangan. Ayu Dyah Andari, salah satu pendiri mengungkapkan bahwa industri fesyen seringkali dianggap sebagai penyumbang limbah terbanyak di dunia. Karena itu lewat pagelaran ini para desainer saling bergandengan tangan untuk mematahkan anggapan tersebut dan berjuang demi keselamatan bumi lewat industri fashion. Misalnya dengan penggunaan barang bekas dan pengurangan pemakaian plastik.

“Sebisa mungkin pakai bahan alami dan memakai aplikasi dari kain perca. Itu kan menambah nilai baju sekaligus memberdayakan pekerja,” ujar Ayu di acara Road to Event Fashion Rhapsody Kota Kasablanka, Minggu (3/11/2019)

Nama Ayu Dyah Andari tentu saja tak asing lagi. Desainer cantik ini selalu berinovasi dan turut menghadirkan karyanya dengan mengusung konsep sustainable fashion.Ia menggunakan teknik kreatif untuk mengolah sisa-sisa kain. Seperti bahan satin dan tille yang dikepang menjadi ornamen hijab. Ada juga bahan katun dan organdi yang disolder menjadi kelopak bunga. Ayu seringkali menambahkan detil bunga mawar pada setiap rancangannya.

“Garis desainku terlihat klasik dan didominasi oleh bunga mawar. Pada detail dessert rose tiga dimensi ini saya ambil dari kain perca. Saya enggak bisa banget lihat bahan sisa karena saya tahu betul harga kain mahal sekali,” tuturnya.

Selain itu yang sangat spesial pada busana tersebut adalah Handmade bordir dengan tingkat kesulitan tinggi. Karena itu busana ini membutuhkan waktu sekitar 1 bulan untuk menyelesaikannya. Sedangkan untuk pilihan warna, ia menggunakan warna-warna padang pasir seperti cokelat, champagne, hingga hijau kaktus.

Tak hanya terpukau dengan karya Ayu Dyah Andari, para desainer lain juga turut memeriahkan event ini di antaranya Ariy Arka, Dian Pelangi, L by LCB (Laudya Cynthia Bella), Chintami Atmanagara, Yulia Fandy, Qonita Batik, Ayu Lestari, ONH Atelier, Medina Zein, Hida Hasan, Gee Batik, Diario, Bagus Boutique, Willmich, Issya Scarves, Dian Risty, Micky, Rinjanie, Zytadelia, Kursein Karzai dan Batique.

Berikut foto-foto kemeriahan acara Fashion Rhapsody

wisc store
To Top