Figure

Indriana Jahanto: Tangguh Berkarya di Dunia Kecantikan

VemmeDaily.com, Jakarta – Memutuskan berhenti berkarir tak membuat Indriana Jahanto kehilangan impiannya. Ia mendirikan bisnis salon yang sudah menjadi cita-citanya. VLD Salon & Treatment akhirnya berdiri sejak tiga tahun lalu di daerah Greenville, Jakarta Barat. Ia memilih usaha salon, karena sejak dulu hobi nyalon bersama anak-anak. Baginya, setiap perempuan ingin tampil cantik.

Indriana Jahanto berhasil membawa dirinya untuk keluar dari zona aman. Padahal alumnus Insearch of UTS, Sydney, Australia jurusan bisnis ini memiliki karir cemerlang sebagai business management di perusahaan Teknologi Informasi terkemuka.

Namun, permintaan anak bungsu, Denaira Yusmika untuk tidak bekerja membuat Indri, begitu ia akrab disapa berani memutuskan menjadi ibu rumah tangga. Indri bercerita anak bungsunya yang mulai beranjak besar ingin ibunya seperti ibu-ibu temannya yang bisa mengantar bersekolah dan menjemput di sekolah setiap hari. Demi merawat anak bungsunya yang kini kelas 3 SD itu, Indri pun rela melepas karier.

Setelah berhenti bekerja, Indri sempat travelling bersama keluarga. Namun sepulang dari travelling, Indri yang terbiasa aktif bekerja merasa tidak betah dengan hanya menjadi ibu rumah tangga yang sudah dijalani hampir setahun setelah berhenti bekerja. Akhirnya, setelah berbincang-bincang dengan sang suami, Herry Yusmika, Indri pun memutuskan untuk berbisnis di bidang kecantikan dengan membuka salon.

Indri memilih bisnis kecantikan dengan membuka VLD Salon and Treatment pada tahun 2015. Lokasi salon di Perumahan Greenville, Jakarta Barat, yang kebetulan lokasinya berseberangan dengan SD IPEKA, tempat anak bungsunya bersekolah. Ketika ditemui di kediamannya, yang berlokasi tidak terlalu jauh dari lokasi salon, Indri mengatakan ia memang sangat tertarik dengan dunia kecantikan.

Memiliki tiga orang anak perempuan dan sering ke salon bersama anak-anaknya untuk melakukan treatment creambath maupun facial, membuat Indri berpikir mengapa tidak memiliki salon sendiri. Dengan membuka salon maka ia dan anak-anak juga bisa melakukan treatment di salon miliknya sendiri.

Kebetulan ia memiliki rumah di Perumahan Greenville tersebut, sehingga rumahnya tersebut bisa dijadikan salon. Beruntung sang suami, yang memiliki bisnis pabrik rumah dari alumunium, lampu dan satelit ini sangat men-support usaha isterinya itu dengan memberikannya modal yang tidak sedikit untuk membuka salon, termasuk untuk membeli alat-alat treatment. Indri memberi nama usahanya VLD Salon & Treatment sebagai singkatan dari ketiga nama anaknya, Vinka, Latrisya dan Denaira.

Saat awal membuka salon Indri dibantu oleh empat orang karyawan. Namun kini Indri dibantu oleh enam orang karyawan. Meski tergolong masih baru, namun salon milik Indri sudah berkembang. Salon yang buka setiap hari, Senin-Jumat pukul 08.00-14.00 dan Sabtu-Minggu pukul 09.00-17.00 ini dipadati pengunjung.

Untuk memperkenalkan salonnya, saat awal membuka usaha Indri menyebarkan brosur dan salonnya juga dikenal dari pelanggan yang puas kemudian mengajak rekannya. Adanya unggulan treatment baru seperti facial ozon dan Radio Frekuensi (RF) dengan gel terbaru menarik minat pengunjung dan membuat salon Indri lebih ramai.

Menurut Indri, dalam sehari minimal lima orang pengunjung melakukan treatment di salonnya. Bahkan seringkali customer harus antri karena setiap treatment durasinya selama satu jam. Pengunjungnya baik perempuan maupun laki-laki, dari usia remaja atau anak-anak sekolah hingga ibu-ibu rumah tangga di sekitar perumahan ataupun yang sedang menunggu anaknya bersekolah di IPEKA.

Di samping harga yang terjangkau, VLD Salon dan Treatment juga seringkali mengadakan promo-promo. Promo-promo ini sering diinformasikan Indri melakukan media sosial maupun ponsel. Selain itu, Indri juga mengajarkan terapisnya untuk memberikan edukasi kepada customer.

Edukasi ini menurut Indri sangat penting karena seringkali customer ingin hasil yang instan. Seperti ketika menjalani treatment slimming, mereka ingin berat badan langsung turun. Padahal treatment tidak cukup sekali, serta harus diimbangi dengan menjaga pola makan dan berolahraga.

Belum lagi ketika menjalani treatment facial yang memang seali treatment hasilnya wajah lebih cerah, tetapi tetap harus diimbangi dengan perawatan kulit harian. Jika tidak dirawat maka wajah bisa kembali kusam.

Dengan edukasi seperti itu, membuat salon Indri laris manis. Bahkan tak jarang, customer bertanya soal perawatan kecantikan dengan Indri, misalnya mengenai perawatan wajah, perawatan rambut dan lain-lain. Indri yang kerap turun tangan menangani treatment customer ini dengan senang hati memberikan informasi seputar kecantikan. Untuk lebih paham soal kecantikan, Indri banyak belajar dari teman-temannya yang memiliki klinik dan sebelumnya juga sering melakukan perawatan di dokter.

Selain itu ia juga kursus-kursus singkat. Biasanya ketika membeli alat baru, maka ia dan karyawannya akan mengikuti training singkat dari perusahaan pusat penjual alat. Di samping itu, untuk menarik minat pengunjung Indri juga kerap mengadakan gathering atau event di salonnya yang rutin diadakan setiap tiga bulan sekali.

Treatment unggulan juga menjadi penarik customer datang ke salon milik Indri. Salah satu treatment unggulannya adalah Radio Frekuensi (RF). RF tidak hanya digunakan untuk merampingkan atau membentuk tubuh, tetapi juga bisa untuk mengencangkan wajah, meniruskan wajah dan membuat awet muda. RF juga bisa mengurangi kerutan di kulit sekitar mata dan sekitar mulut (smiling line).

Untuk pelangsingan, RF bisa menghilangkan lemak-lemak di bagian tubuh seperti perut, lengan dan paha. Pengerjaan alat ini sederhana dan praktis, namun hasilnya bagus dan aman karena tidak menggunakan obat. Hasil setiap orang berbeda-beda, namun biasanya setelah satu kali treatment selama satu jam, lingkar pinggang bisa mengecil 1-2 cm.

Selain mengurangi lemak di bagian perut, paha dan lengan, dengan RF kulit juga lebih kencang dan padat. RF juga baik bagi kesehatan. Tidak perlu diet ketat, tetapi makan harus teratur sesuai jadwal makan, serta mengurangi gorengan dan makanan berlemak. Hasil maksimal didapat setelah 10 kali treatment.

Bagi customer yang menjalani treatment RF, Indri selalu mengedukasi customer-nya bahwa treatment ini harus dilakukan rutin. Pada bulan pertama, treatment RF dilakukan seminggu dua kali selama empat kali. Sesudah itu, treatment dapat dikurangi seminggu sekali. Jika hasilnya sudah bagus, maka treatment dapat dilakukan dua minggu sekali dan sebulan sekali.

Tindakan RF slimming didahului dengan pengolesan serum atau krim body slimming dari bahan herbal pada area yang akan diberi tindakan, misalnya area perut. Setelah diolesi krim, akan dilakukan tiga macam tindakan dengan tiga alat yang berbeda-beda.

Di samping RF, VLD Salon & Treatment juga menyediakan paket perawatan seperti body massage agar peredaran darah lebih lancar. Body massage terdiri dari rangkaian body massage selama 90 menit, body scrub selama 45 menit dan sauna selama 15 menit. Treatment lainnya adalah facial selama 60 menit, yang terdiri dari rangkaian cleansing, peeling, totok wajah, ozon, masker, dan high frequency.

Pemberian ozon menjadi daya tarik bagi customer. Menurut Indri, facial ozon ini menjadi treatment unggulan yang dapat membuat wajah lebih cerah dan segar. Treatment lain yang tersedia seperti Hairspa L’oreal, yang terdiri dari rangkaian serum, scrub dan blow.

Indri juga menyediakan treatment creambath menggunakan bahan-bahan alami seperti alpukat, seledri maupun lidah buaya asli tanpa dicampur dengan bahan lain, lalu dilakukan scrub menggunakan produk. Treatment tersebut banyak menjadi pilihan para pelajar yang melakukan treatment di kliniknya. Ada pula treatment menicure-pedicure, yang terdiri dari rangkaian scrub dan kuteks. Bagi mereka yang ingin di-make up dan di-hairdo juga disediakan.

Belakangan Indri juga menyediakan layanan online untuk mendatangkan beautician ke rumah. Tak jarang ia sendiri yang terjun langsung menangani treatment customer. Treatment di rumah ini menjadi unggulan bagi customer yang ingin melakukan treatment dari ujung rambut hingga ujung kaki seperti facial, RF dan massage, tanpa harus repot-repot melewati macet. Indri mencoba cara online ini karena memiliki koneksi yang cukup bagus dan mendapatkan permintaan dari isteri pejabat untuk melakukan treatment di rumah.

Meski awalnya tidak percaya diri, namun akhirnya Indri berhasil mengalahkan rasa tidak percaya dirinya tersebut. Terbukti, customer yang dilayani treatment-nya merasa puas. Dalam menjalani setiap usaha, Indri juga bersikap enjoy. Ada masalah apapun dalam bisnis yang dijalaninya, menurut Indri jangan dibawa stres.

Ke depan, Indri ingin terus mengembangkan usaha salonnya ini. Ia ingin lebih serius menjalani usaha secara online dan membuka cabang di mal di daerah Jakarta Utara. Namun untuk saat ini, ia berharap bisa mengedukasi para ibu agar tampil lebih cantik dan menarik di hadapan suami.

Akhir Pekan Selalu Bersama Keluarga. Sebagai seorang perempuan yang memiliki kesibukan di luar rumah, keluarga tetap menjadi prioritas nomor satu. Tak ada kebahagiaan yang ditukar dengan apapun ketika menghabiskan waktu bersama keluarga. Begitu halnya dengan Indri yang tak pernah meninggalkan kewajiban sebagai seorang ibu.

Indri tak pernah kehilangan waktu untuk memperhatikan ketiga anaknya yang berumur 14 tahun, 12 tahun dan 6 tahun. Dari semua kepentingan yang ada, kepentingan keluarga menjadi nomor satu. Ia juga bersyukur ketiga anak perempuannya yang bernama Yovinca Yusmika, Latrisya Yusmika dan Denaira Yusmika sudah bertanggung jawab belajar sendiri dan memiliki prestasi akademik yang gemilang.

Cara Indri, suami dan anak-anaknya menghabiskan waktu bersama di akhir pekan pastinya beragam. Yang paling penting di hari Sabtu dan Minggu merupakan hari bersama. Mereka menghabiskannya dengan berenang bersama, jalan ke mall, nonton atau kulineran di Kota Bandung. Sementara jika anak-anak mendapat libur panjang, Indri dan suami akan mengajak anak-anak untuk berpergian ke luar kota atau luar negeri.

wisc store
To Top