Lifestyle

Begini Cara Atasi Masalah Kerutan Kaki Gagak “Crow Feet” di Area Sudut Mata

VemmeDaily.com, Jakarta – Lebih dari sekedar jendela jiwa, mata juga merupakan cermin nyata dari gaya hidup yang dijalani oleh seseorang. Tak percaya? Tengok saja mereka yg memiliki kebiasaan begadang hingga larut malam, selain bermasalah dengan kantong mata dan mata panda, kulit di sekitar area mata pun terlihat kusam.

Selain itu, mereka yang hobi tertawa pun tak luput dari masalah mata. Area kulit bekas tawa mulai membentuk garis halus (smile line). Smile line ini akan bertambah dalam dan membentuk kerutan yang terlihat seperti kaki burung gagak (crow feet – red) seiring dengan bertambahnya usia.

Meski suatu hal yang wajar, namun masalah crow feet tentu saja akan merusak penampilan dan membuat kamu terlihat lebih tua. Tapi jangan berkecil hati, Joyce Davis, seorang pakar dermatologi dari kota New York, Amerika Serikat memaparkan beberapa kiat jitu untuk mengatasi masalah di area kulit mata.

Menurutnya prinsip utama yang harus dipahami adalah bila garis halus adalah jenis kerutan yang tidak dalam dan tidak meluas. “Garis halus ini bisa muncul di seluruh area kulit wajah. Berbeda dengan crow’s feet yang timbul akibat kontraksi otot, garis halus yang muncul di kulit wajah tidaklah dalam dan meluas, karena itu penanganannya sangat berbeda dengan masalah crow feet,” tegas Davis.

Tips mengatasi crow feet. Menurut Davis, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin menggunakan sunscreen SPF 30+ setiap hari. Bagi kamu yang setiap hari bersentuhan dengan media air (seperti perenang) dan aktif beraktivitas di luar ruangan dianjurkan memilih sunscreen dengan formula waterproof. Selain suncreen, kamu juga dianjurkan rutin menggunakan krim pelembab kulit mata yang kaya kandungan niacinamide, retinol dan vitamin C. Pelembab mata dengan kandungan hyaluronic acid juga bisa kamu pilih karena dapat mengatasi masalah pembengkakan kulit dan menyamarkan kerut halus di area kulit mata.

Kedua lewat treatment suntik botox. Menurut Davis, suntik botox bekerja dengan cara menghalangi kerja acetylcholine, yaitu suatu senyawa kimia yang dibutuhkan otot untuk berkontraksi sehingga sangat efektif melenyapkan kerutan crow feet selama kurang lebih 4 bulan. Untuk mengatasi pada masalah crow feet, botox biasanya disuntikkan di area sudut mata. Namun untuk beberapa kasus, botox bisa disuntikkan di area otot di bawah kulit mata.

Ketiga lewat suntik filler. Disini filler sengaja disuntikkan pada area bawah mata yang terlihat cekung dan kehitaman. Menurut Davis, untuk mengatasi crow feet, filler yang digunakan adalah filler dengan kandungan bahan ringan seperti volbella. Karena filler jenis ini telah mengandung lidocaine, anestesi lokal yang bisa mengurangi rasa sakit saat pengerjaan filler.

wisc store
To Top