Whats On

Platform Brightspot Rayakan 10 Tahun Sebagai Curated Market

VemmeDaily.com, Jakarta – Tahun ini Brightspot tepat 10 tahun. Ini adalah tahun yang monumental bagi sebuah platform yang sangat dikenal sebagai ‘A curated market of all things cool.’ Sejak tahun 2009, Brightspot konsisten menjadi sebuah ‘movement’.

Pasalnya, Brightspot turut mendorong, membentuk dan mendukung kreativitas dan karya anak muda diberbagai sektor seperti industri fashion, makanan, musik dan seni, dan hingga kini berhasil menancapkan sebagai pioner dan barometer market kreatif. Tahun demi tahun secara nyata juga mengairahkan bisnis produk-produk lokal, khususnya perkembangan ekonomi dan bisnis kreatif di Indonesia.

Padahal 10 tahun lalu, Brightspot mengawali dengan 25 tenant dan 5000 pengunjung. Seiring waktu Brightspot berkembang pesat hingga pada tahun 2018 lalu berhasil mencapai 72.000 pengunjung dengan 170 tenant yang terkurasi, dengan total transaksi sekitar 12 milyar.

Keberhasilan ini didukung dengan meningkatkan pengalaman konsumen online dan offlline, dengan diluncurkannya aplikasi yang hingga sampai saat ini telah di-download sebanyak 40.000 pengguna. Dan ini didukung dengan adanya GOODS Dept. sebagai bagian dari ekosistem dari Brightspot.

Gaungnya juga semakin kuat tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Sebagai bentuk perayaan dan komitmen, Brightspot mengadakan event BrightspotMRKT 10 Year Anniversary, yang diadakan tanggal 3-6 Oktober 2019 dengan bekerjasama dengan D8 (District 8 The Market Place), Senopati, SCBD.

Sebagai platform pioner yang secara konsisten memberikan dukungan dan menciptakan kesempatan kepada individu dan organisasi kreatif untuk membuat sesuatu perubahan besar.

Sepuluh tahun adalah sebuah waktu dan pengalaman yang berharga untuk para founders membangun Brightspot. Penggagas Brightspot Anton Wirjono mengatakan 10 tahun adalah momentum untuk melihat kembali nilai-nilai yang esensial yang muncul dari dalam diri kita agar dapat mencerminkan dan melakukan hal-hal besar di luar nanti.

“Saat ini, kami ingin mengajak kita semua untuk maju dan berkarya bersama dengan memiliki nilai kebersamaan Inspiring – Onwards, Impacting – Others, Introducing – Opportunities, Innovating – Outcomes, Imparting – Optimism,” ujar Anton.

Dalam rangkaian perayaan BrightspotMRKT 10 Year Anniversary, Brightspot didukung penuh oleh para para partner-partner seperti Lazada Indonesia, D8, DCode, Danone-Aqua, XL, Dana, Guinness, Intel, SMIRNOFF™, JOHNNIE WALKER®, dan MRT.

Lazada Indonesia, baru saja meluncurkan in-app channel baru bagi pecinta fashion, Style Space yakni ruang kolektif untuk desain Indonesia yang dikurasi menggandeng Brightspot. Lazada ingin membantu mempercepat kemajuan industri fashion tanah air dengan memberdayakan desainernya untuk memperluas pasar melalui peluang offline-to-online.

Lazada berupaya untuk membantu menciptakan pasar dan ekosistem fesyen yang berkelanjutan di mana desainer dapat memamerkan karya mereka secara luas dan konsumen dapat memperoleh akses tak terbatas ke beragam fesyen terkini yang telah terkurasi dengan baik.

Dengan peluncuran Style Space, Lazada mendukung industri fesyen di Indonesia sebagai penyedia ekosistem bagi seller dalam memulai dan mengembangkan bisnis melalui konsep O2O (Offline to Online).

Mengundang 100 penjual di Brightspot Lazada berharap dapat meningkatkan penjualan masing-masing brand serta memperluas pilihan fesyen bagi pelanggan dan mendukung brand dan desainer untuk mencapai tujuan bisnis mereka.

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Monica Rudijono mengatakan sebagai destinasi eCommerce terkemuka di Indonesia, Lazada adalah platform bagi para seller dan brand fesyen, juga bagi para konsumen produk fesyen. Dengan Lazada Style Space, Lazada bekerja sama dengan mitra yang ternama; Brightspot untuk mengangkat nama para desainer lokal dan menyediakan produk-produk fesyen yang terkurasi.

“Dengan Style Space, Lazada bertujuan untuk membantu mempercepat kemajuan industri fesyen Indonesia dengan memberdayakan para desainernya untuk menjangkau konsumen yang lebih luas melalui peluang offline-to-online,” kata Monika.

Partner lainnya adalah D8 yang menjadi venue partner. District 8 The Market Place adalah destinasi gaya hidup premium dengan 150 lebih toko menyediakan penggabungan fashion, entertainment dan eateries yang berlokasi di CBD Jakarta.

Arsitektur kelas dunia dengan luas ruang interior terdiri dari empat lantai podium ritel dan tingkat bawah tanah dengan masing-masing 15.000 meter persegi ruang ritel menawarkan pengalaman dan suasana yang berbeda.

District 8 The Market Place merupakan sebuah kompleks yang memikat dengan konsep inovatif berisikan flagship stores dari merek internasional, juga menawarkan beragam pilihan bersantap mulai dari konsep kuliner baru hingga favorit lokal. Tempat ini adalah tujuan di mana teman dan keluarga dapat menghabiskan sepanjang hari untuk bersantap, berbelanja, bersantai, dan menikmati kesenangan sepanjang tahun.

PT Agung Sedayu Retail Indonesia (ASRI) dan District 8 dalam acara BrightspotMRKT 10 Year Anniversary ingin selalu men-support pebisnis lokal dan membuka kesempatan kolaborasi untuk industri-industri kreatif. (ASRI), adalah pemilik dan operator beberapa properti terintegrasi di ibu kota Jakarta, Indonesia seperti District8, Pik Avenue, Mall of Indonesia, Grand Galaxy Park, HUBlife, Flix Cinema serta hotel berbintang dibawah jaringan Accor Group seperti Swissôtel Jakarta PIK dan Mercure Jakarta PIK.

Masing-masing properti ini telah dibentuk menjadi ruang unik yang melayani aspirasi dan kebutuhan masyarakat sekitarnya. Agung Sedayu Retail Indonesia adalah group retail yang berfokus kepada lifestyle, digitalize dan community and costumer-centric. Untuk menciptakan memorable experiences yang selalu inovatif dan menjadi pioner terdepan dalam bidang lifestyle adalah visi ASRI itu sendiri. Karena sebab itu, visi ASRI serta Disctrict 8 di dalamnya sangat selaras dengan BrightspotMRKT.

Selanjutnya Brightspot juga menggandeng DCode sebagai partner. DCODE adalah sebuah wadah katalis untuk insan dan pebisnis kreatif untuk selalu berkembang dan menghasilkan hal-hal besar. Sementara Danone-AQUA berpartisipasi dalam BrightspotMRKT 2019 untuk terus mempromosikan pilihan gaya hidup sehat dan berkelanjutan kepada masyarakat.

Selama acara ini berlangsung, Danone-AQUA hadir dengan AQUA LIFE yang merupakan inovasi pertama di Indonesia, 100% terbuat dari plastik daur ulang dan dapat didaur ulang kembali. Danone-AQUA juga mempermudah partisipasi pengunjung BrightspotMRKT dalam Gerakan #BijakBerplastik.

Selain itu, Danone-AQUA juga menyediakan hydration station untuk pengunjung BrightspotMRKT yang membawa botol minum sendiri. Sebagai perusahaan yang aktif mencari solusi penyelesaian sampah plastik di Indonesia, Danone-AQUA telah berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk perusahaan sosial, merek, dan pelaku bisnis, untuk menginspirasi dan menciptakan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Selanjutnya PT XL Axiata Tbk melalui brand XL Prabayar (XL) ikut serta dalam BrightspotMRKT 10 Year Anniversary sebagai bentuk dukungan XL sebagai penyedia layanan data terhadap kemajuan industri kreatif di Indonesia. XL yang saat ini tengah menggaungkan kampanye #JadiBisa berupaya untuk mendukung masyarakat Indonesia mewujudkan pencapaian melalui pemanfaatan layanan digital secara positif.

Kolaborasi XL dengan BrightspotMRKT ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk lebih kreatif meraih pencapaian sesuai dengan minat mereka, menggali keahlian mereka, mengembangkan kemampuan, dan untuk dapat menginspirasi, dengan bantuan layanan digital.

Partner selanjutnya adalah Dana sebagai official digital payment partner. Selain memanfaatkan DANA untuk pembelian makanan dan minuman, pengunjung juga dapat memanfaatkan DANA untuk pembelian tiket masuk ke gelaran BrightspotMRKT 10 Year Anniversary.

Pengunjung yang meng-install aplikasi Brightspot akan mendapatkan 3 voucher DANA, masing-masing senilai Rp1, yang dapat ditukarkan dengan tiket masuk. Selain itu, DANA juga memberikan cashback sebesar 30% atau maksimal Rp15 ribu bagi pengguna premium DANA atau maksimal Rp10 ribu untuk pengguna non-premium. DANA memberikan maksimal 5 kali cashback bagi 1 pengguna selama gelaran berlangsung.

“Kolaborasi Brightspot dan DANA membuka peluang yang makin lebar bagi pelaku ekonomi kreatif untuk lebih mengenal keunggulan budaya baru bertransaksi digital yang lebih efisien, praktis, mudah, dan aman. Dimulai dengan BrightspotMRKT 10 Year Anniversary, sinergi Brightspot dan DANA juga akan mendorong pertumbuhan perekonomian nasional berbasis digital,“ ujar Chief Communications Officer DANA, Chrisma Albandjar.
Sementara Intel hadir sebagai mitra teknologi di BrightspotMRKT 10 Year Anniversary, bertepatan dengan hadirnya Processor terbaru, Intel Core Generasi ke-10 di Indonesia.

“Prosesor Intel Core Generasi ke-10 adalah pijakan penting bagi perjalanan Intel dalam mendukung peningkatan performa PC terbaik melalui prosesor berkinerja tinggi dan optimal di segala lini komputasi,” ungkap Rini Hasbi, Head of Marketing Asia Pacific Japan Territory.

Selain performa dan kemampuan respon yang cepat, fitur AI, grafis, konektivitas dan I/O yang teroptimisasi pada SoC menyediakan sebuah solusi dengan berbagai macam kapabilitas yang memampukan OEM untuk menciptakan laptop yang memenuhi beragam kebutuhan; baik hiburan, gaming, content creation, dan lebih banyak lagi.

Selain itu, GUINNESS, Beer Stout No. 1 di dunia berpartisipasi dalam acara Brighspot MRKT 10 year Anniversary dengan sharing session bersama Renatta Moeloek. Seorang Chef yang sudah 1 tahun lebih bekerjasama dengan Guinnness akan berbagi tren kuliner seperti bir dalam keseharian kita dan Guinness Food Pairing.

Dengan membeli paket spesial 3 Guinness selama Brightspot, pengunjung berusia 21 tahun keatas akan mendapatkan 1 Tiket sharing session dan dapat mencoba makanan Kreasi khusus Chef Renatta Moeloek yang dipadukan dengan Guinness. Acara ini akan terbagi menjadi 2 sesi pada Jumat 4 Oktober 2019 – 18.30 WIB dan Sabtu 5 Oktober 2019 – 18.30 WIB. Guinness Mengajak konsumen untuk lebih membuka pengalaman Kuliner Bersama Guinness dengan cara yang bertanggung jawab.

Berikutnya kerjasama dilakukan dengan SMIRNOFF™, vodka no.1 di dunia. MIRNOFF™ yang memulai kampanye no plastic cup di bulan Mei 2019 lalu di Bali memilih Brighspot MRKT sebagai platform pertama di Jakarta untuk menyampaikan pesan kampanye say no to plastic cup.

Pengunjung Brightspot yang berusia di atas 21 tahun dapat bermain Smirpong di booth SMIRNOFF™ untuk mencicipi SMIRNOFF™ signature cocktail Skyball atau Screwdriver. Pada 5 Oktober 2019 mulai pukul 20.00 WIB, SMIRNOFF™ juga mengajak para pengunjung yang berusia di atas 21 tahun untuk bergabung mengikuti kelas Masterclass yang dipandu oleh DIAGEO Brand Ambassador Wawan Kurniawan, membuat 3 cocktail menggunakan SMIRNOFF™ dengan tema mengeksplorasi palet rasa dalam cocktail, yaitu manis, asam dan creamy.

Acara ini terbuka untuk pengunjung berusia 21 tahun ke atas. SMIRNOFF™ mengajak konsumen untuk menikmati setiap tegukannya dengan cara yang bertanggungjawab.

Kerjasama juga dilakukan dengan JOHNNIE WALKER®, scotch whisky paling digemari No. 1 di dunia. Untuk pertama kalinya JOHNNIE WALKER® memperkenalkan signature cocktails terbarunya, the Highballs di Brightspot. Cocktail ini terinspirasi dari 4 kota besar dunia: Capetown, Rio de Janeiro, New York City, dan Tokyo, yang menawarkan sensasi kenikmatan rasa scotch whisky dimix dengan berbagai bahan yang sederhana namun menyegarkan – dan dapat dinikmati pengunjung Brightspot yang telah berusia 21 tahun keatas dengan harga khusus.

JOHNNIE WALKER® juga mengundang pengunjung Brightspot berusia 21 tahun ke atas untuk membuat cocktail the Highballs yang akan dipandu oleh Diageo’s Brand Ambassador Wawan Kurniawan. Acara ini akan dilaksanakan pada hari minggu, 6 Oktober 2019 pukul 19.00 WIB.

Caranya cukup mudah, pengungjung hanya perlu membeli 2 Jenis highball terbaru yang nantinya bisa ditukarkan denga 1 tiket. Acara ini hanya bisa diikuti oleh pengunjung berusia 21 tahun keatas. JOHNNIE WALKER® mengajak konsumen untuk menikmati setiap tegukannya dengan cara yang bertanggungjawab.

Sementara kerjasama MRT Jakarta dengan Brightspot di samping untuk mendukung peningkatan ridership juga sejalan dengan visi MRT Jakarta: Increasing Mobility Improving Life Quality, yang selain memberikan lifestyle yang lebih menarik bagi penumpang MRT Jakarta juga konsisten memberikan dukungan dan keberpihakan terhadap pengembangan industri kreatif dan UMKM.

wisc store
To Top