Product

Hobi Baca? Nih Ada NovelMe, Aplikasi dengan Ribuan Novel yang Bikin Penasaran

VemmeDaily.com, Jakarta – Begitulah respon pembaca terhadap kehadiran platform baca novel online yang memudahkan aktivitas membaca novel bagi siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Pembaca tidak perlu berat membawa buku cetak yang tebal, cukup hanya dengan menggeser layar ponsel, sudah dapat menikmati ribuan pilihan novel.

Minat baca yang tinggi membuat perkembangan aplikasi NovelMe meningkat sangat pesat dalam kurun waktu setahun. Ratusan ribu pembaca dengan antusias menyambut kehadiran novel-novel seperti My Superhero, Mendadak Nikah, My Secret Love, Bad in Fairy, Suami Negeri Dongeng. Pilihan genre yang semakin lengkap memanjakan imajinasi pembaca, mulai dari romance, fantasi, petualangan, action.

Pada awal diluncurkan NovelMe merupakan platform gratis. Pembaca bisa memberikan bintang kepada karya favorit, sehingga karya yang menduduki peringkat teratas dapat memenangkan hadiah uang senilai Rp. 16.000.000 dari total hadiah senilai Rp. 135.000.000 yang sepenuhnya ditanggung oleh NovelMe.

Namun pada 19 Juli 2019 platform fiksi online ini tidak dapat menunda keputusan untuk mengunci novel-novel favorit. Pembaca diminta untuk membeli koin untuk dapat membuka bab-bab berbayar, senilai minimal Rp 100 untuk setiap bab. Haruskah membayar untuk membaca novel? Apakah sebanding dengan membeli sehelai gaun?

“Pembaca mungkin tidak tahu betapa sulitnya menerbitkan novel di Indonesia. Setiap tahun mungkin hanya di bawah 10% dari naskah yang masuk sempat diterbitkan dan dicetak, karena harus melalui proses antrian yang panjang. Sebetulnya karya-karya yang diminati seperti Mendadak Nikah, My Superhero,, Bad In Fairy, My Secrte Love, Suami Negeri Dongeng, layak untuk diterbitkan dan dicetak. Sekarang ini permintaan terhadap cetakan buku menurun, sehingga untuk cetakan pertama novel hanya dicetak antara 2000-3000 exemplar, bisa juga kurang dari itu,”ungkap tim editor NovelMe.

Jika harga buku sekitar 50%, dan royalty pengarang hanya 10%, bisa dibayangkan begitu kecilnya royalty yang diterima pengarang, karena sebagai uang muka di awal hanya menerima 25% dari total royalty lalu harus menunggu setiap 6 bulan untuk melihat hasil penjualan.

“Ada juga penerbit yang juga tidak memberikan di awal, tetapi setelah buku terjual. Bisa dibayangkan bagaimana nasib penulis. Belum lagi proses penulisan hingga penerbitan yang memakan waktu sekitar 1 tahun. Jarang sekali penulis yang mendapatkan penghasilan bulanan. Dengan platform novel online NovelMe, pembaca bisa secara langsung memberikan dukungan kepada penulis mereka,”lanjutnya.

Untuk memastikan kreasi penulis yang berkelanjutan, platform NovelMe telah meluncurkan ajang kompetisi menulis Next Top Writer, karya novel dengan pemberian peringkat bintang terbanyak dari pembaca akan memenangkan hadiah tertinggi. Tetapi tidak hanya itu, agar benefit dan penghasilan dapat dinikmati oleh semua penulis kami meluncurkan program tunjangan bulanan sebesar Rp. 400.000 bagi penulis yang konsisten menulis setiap hari selama 30 hari.

Namun hal tersebut masih tidak sebanding dengan jerih payah yang penulis berikan. Itulah sebabnya ada bab yang berbayar. Tujuannya sangat jelas untuk memberikan penghasilan tambahan kepada para penulis.

“Sebagai platform digital ini bukan tujuan kami untuk mencari keuntungan semata, tetapi ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan taraf hidup penulis di Indonesia,”jelasnya lebih lanjut.

Penulis harus dapat memiliki penghasilan tetap. Kami ingin menjadi naungan bagi para penulis yang ingin berkarya sekaligus memiliki penghasilan. Dengan memiliki penghasilan seperti ini, para penulis dapat terus produktif dan kerja keras mereka dihargai.

Untuk melakukan top up, caranya sangat mudah. Pembaca hanya perlu membuka halaman Saya di aplikasi NovelMe mereka dan menekan kata Koin untuk melakukan top up, setelah memilih nominal koin pembaca akan disuguhkan metode pilihan pembayaran, selanjutnya pembaca dapat menyelesaikan proses top up dengan mengikuti langkah-langkah sesuai dengan metode pembayaran yang mereka pilih” jelas team editor.

Di kesempatan yang sama, Aurora Belle, penulis My Superhero, mengatakan pada awalnya ia menjadikan menulis untuk mencurahkan bakat. Tetapi menulis membutuhkan waktu dan menyita konsentrasi. Padahal ia masih harus mencari uang untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

“Dengan menulis di NovelMe ternyata saya bisa mendapatkan penghasilan, sehingga dapat ikut membantu ekonomi keluarga, dan ikut meringankan beban suami yang telah bekerja keras untuk menghidupi keluarga. Kehidupan kami membaik setelah saya memiliki tambahan penghasilan. Jadi saya mendukung dan setuju dengan kebijakan bab berbayar di aplikasi NovelMe,”ungkapnya.

Lebih lanjut, menurut Aurora, menulis novel membutuhkan kerja keras dan perjuangan penulis. Jika kita bersedia mengeluarkan uang untuk membeli sehelai gaun, atau membeli bedak dan lipstik, semestinya membeli bab berbayar yang nilainya tidak setinggi itu dapat dilakukan dengan senang hati oleh para pembaca.

“Sama seperti kita membayar jasa untuk transportasi seperti taksi, bus, kereta. Atau membayar secangkir kopi karena di balik pembuatannya kita menghargai sang barista. Atau ketika membayar tiket untuk menonton film di sinema, karena kita merasa senang dengan permainan acting dan tim produksi yang telah menghasilkan suguhan yang menghibur. Saya berharap itu juga yang akan dilakukan pembaca untuk memberi penghargaan kepada novel online. Karena saya juga melihat di Asia, bagaimana drama televisi Korea, komik Jepang, novel Cina telah berhasil membangun industri kreatif dengan menerapkan sistim berbayar. Industri dengan mata rantai yang saling mendukung, sehingga dapat dibawa berkompetisi secara internasional,”paparnya.

Penasaran? Yuk gabung untuk turut merasakan pengalaman membaca novel yang mengasyikan. Jadi tunggu apalagi? segera download NovelMe sekarang di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lovenovel.read

wisc store
To Top