Lifestyle

Tips Memilih Masker Sesuai Jenis Kulit

Foto: Ilustrasi

VemmeDaily.com, Jakarta – Masker bisa menjadi perawatan wajah murah meriah yang dapat dikerjakan di rumah ataupun saat menjalani treatment facial. Pengunaan masker secara rutin dapat menambah kadar air pada kulit sehingga kulit tampak lebih lembab, cerah dan segar seketika.

Namun, jangan asal memilih masker, baik masker yang tersedia di pasaran maupun masker yang diolah sendiri dari bahan alami. Pilihkan masker yang sesuai dengan jenis kulit. Penggunaan masker yang tidak tepat menimbulkan masalah iritasi pada kulit.

Berikut tips memilih masker sesuai jenis kulit:Kulit Kering.

Kulit Kering. Ciri kulit kering adalah ketika diraba terasa sangat kering dan kasar, karena kadar minyak dan sebum sedikit sehingga kelembaban berkurang. Kulit juga tampak kusam dan tidak bercahaya, terkadang menegang jika ditarik, bersisik dan gatal. Pori-pori juga tampak kasar dan cepat timbul garis-garis halus.

Sebaiknya pilih masker yang menutrisi, menghidrasi dan melembabkan secara alami. Bahan alami seperti tomat, alpukat dan pisang cocok digunakan karena mampu melembabkan dan menghidrasi kulit. Masker madu dicampur telur juga cocok untuk kulit kering karena mampu menghaluskan kulit, melembabkan kulit, dan mengecilkan pori-pori. Kulit Berminyak.

Kulit Berminyak. Kulit berminyak ditandai dengan produksi minyak berlebih di sekitar dahi, hidung dan dagu atau pada daerah T, serta di bagian bawah tulang pipi. Kulit berminyak mudah berjerawat, sehingga pilih masker wajah yang mampu mengimbangi kelebihan minyak pada wajah.

Pilih masker yang mengandung sebum, magnesium dan Vitamin C, seperti clay mask, deep cleanser, oil absorber atau pore minimize. Masker ini dapat menurunkan tingkat bakteri pada kulit, mengurangi minyak, dan mengecilkan pori-pori.

Kulit Berjerawat. Kulit yang berjerawat rentan teriritasi atau meradang. Karena itu pilih masker yang tidak memiliki efek inflammatory seperti salicyc acid, benzoyl peroxide dan sulfur, asam salisilat, AHA (alpha hydroxy acid), dan tea tree oil. Penggunaan masker hanya untuk meredamkan jerawat sesaat, bukan untuk menyembuhkan jerawat.

Kulit Normal. Kulit normal ditandai dengan kulit terasa lembut, segar, halus dan bercahaya. Masker emas atau gold bagus digunakan karena dapat mengatasi kekusaman kulit wajah akibat paparan sinar matahari. Masker gold dapat membuat kulit wajah terlihat lebih cerah.

Selain itu, penggunaan masker berbahan dasar alami, seperti bengkuang, tomat, madu, wortel yang mengandung antioksidan dan Vitamin C juga bagus digunakan. Kandungan dalam bahan alami tersebut dapat mencerahkan, menyegarkan dan menjaga kelembutan wajah.

Cara mengunakan masker, masker dioleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Lalu masker didiamkan pada wajah selama 10-15 menit atau sampai masker mengering, lalu dicuci bersih dengan air biasa. Sebaiknya masker digunakan secara rutin seminggu sekali agar hasilnya maksimal.

wisc store
To Top