Figure

Drg. Rosa Rai Djalal, Dokter Gigi Sukses Sekaligus Produser Film dan Penggiat Sosial

VemmeDaily.com, Jakarta – Perempuan cantik ini terlihat awet muda di usianya yang saat ini menginjak 43 tahun. Istri mantan duta besar Indonesia untuk Amerika sekaligus mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal ini memiliki perhatian besar pada kegiatan sosial.

Meski sudah disibukkan dengan profesinya sebagai dokter gigi, ia masih meluangkan waktu untuk mengembangkan Women For The World Foundation yang didirikannya. Yayasan ini bergerak dalam pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi, teknologi, pendidikan dan kesehatan.

Yayasan Women For The World berdiri sejak tahun 2015 bekerjasama dengan Magister Manajemen Universitas Indonesia untuk meberikan pembekalan di bidang ekonomi khususnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) perempuan. “

Jadi kita lakukan business coaching dengan MM UI dan Insyaallah kita akan bikin conference yang besar Women Summit di bulan April 2019, dan tiap tahun seminar besar selama dua kali serta ada kelas business coaching selama 6 bulan dengan diberikan pelatihan. Sampai saat ini anggotanya sudah lebih dari seribu orang yang kita bina. Kita ingin mengajak perempuan mandiri, karena melihat kekerasan pada perempuan selalu yang menjadi korban adalah perempuan dan anak-anak. Kalau mereka bisa mandiri secara finansial dan ekonomi, maka mereka bisa say no dan memulai hidup baru, karena ibu yang kuat dan pintar bisa membuat generasi penerus bangsa menjadi generasi luar biasa karena peran ibu yang paling penting adalah bagi pendidikan putra putrinya,” tandasnya.

Sebagai ibu dan istri, tentu Rosa harus pintar-pintar mengatur waktu untuk keluarga dengan dua orang anak yang saat ini duduk di bangku SMP dan kelas 6 SD.

“Saya baru beraktivitas setelah anak-anak berangkat ke sekolah dan pak Dino berangkat kerja, baru saya praktek ke klinik dan mengurus foundation. Saya pergi ke klinik biasanya seminggu dua kali dan ada beberapa dokter di klinik saya,” ujarnya.

Klinik gigi Rosa berlokasi di jalan Brawijaya VIII no. 2 Jakarta Selatan dan respon masyarakat yang positif membuatnya ia membuka dua buah cabang klinik gigi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

“Sekarang Alhamdulillah buka dua cabang klinik gigi baru khusus untuk anak-anak namanya Dentic Kids dibuka Januari nanti di Lippo Mal Kemang Village dan satu lagi untuk keluarga yaitu estetik dan family, jadi kita pisah. Saya ingin ada satu klinik khusus dengan dokter spesialis gigi anak,” jelasnya.

Tak hanya itu, Rosa juga menyukai dunia entertainment dan menjadi produser film dengan film terbarunya berjudul Guru Ngaji yang akan ditayangkan di sekolah-sekolah. Rosa tertarik di dunia film karena ia merasa dengan film kita bisa mengajak banyak orang dan berbicara dengan bahasa yang dimengerti dari anak anak sampai orang tua dan ingin menyampaikan pesan-pesan ini melalui film.

Sebagai produser film, Rosa juga rutin membuat film setahun sekali yang lebih banyak bertema edukasi dan agama. Menurutnya dalam membuat film harus punya pesan. Tentu kita ingin menonton entertainment tetapi yang penting adalah pembentukan akhlak bagi generasi muda.

“Inilah kenapa saya ingin bikin film seperti itu, untuk mengedukasi dan membentuk akhlak anak muda lebih baik lagi dan kembali ke Al Quran, dengan konsep yang dikemas sangat ringan dan anak-anak bisa menonton dengan sangat senang. Film berjudul Guru Ngaji ini adalah film keempat sejak saya aktif dari tahun 2015 atau 2016. Insyaallah tahun depan saya produksi film anak-anak, dan cukup produksi satu film setahun sekali,” ungkapnya.

To Top