Destinations

Menyusuri Keindahan Kelok 9 yang Menawan

Menyusuri Jembatan Kelok Sembilan yang dilewati sepanjang Sumatera Barat menuju Riau

Foto : wikimedia.org

VemmeDaily.com, Jakarta – Keindahan alam yang indah dengan pemandangan gunung dan pepohonan seringkali kita nikmati dan rindukan, namun menatap kemegahan arsitektur di tengah hutan sembari menyelami panorama yang menawan akan lebih menantang dan sangat berkesan. Seperti ketika kamu menyusuri Jembatan Kelok Sembilan yang dilewati sepanjang Sumatera Barat menuju Riau.

Jembatan yang mulai dibangun sejak 2003 dan selesai pada 2013 ini tidak hanya mendukung sarana transportasi menjadi mudah dan cepat, tetapi menjadi alternatif jalan terbaik untuk sekedar melepas penat. Jembatan ini menjadi sarana transit bagi para pengguna jalan yang datang dari arah Pekanbaru ataupun dari arah Padang atau Bukittinggi.

Pemandangan Bukit Barisan dan udara yang jernih menjadi salah satu destinasi favorit para pelancong untuk mengabadikan keindahannya.

Sesungguhnya nama Kelok Sembilan merupakan jalan berkelok-kelok melewati perbukitan di Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar.

Jalan tersebut memiliki panjang 300 meter dengan lebar jalan 5 meter yang dibangun pada pemerintahaan Kolonial Belanda pada 1908-1914. Tujuannya untuk memperlancar transportasi dari Pelabuhan Teluk Bayur di barat Sumatra ke wilayah Timur.

Namun seiring kebutuhan sebagai sarana transportasi, jalan tersebut dibangun mulai 2003 oleh Kementerian Pekerjaan Umum. Konsep yang diterapkan adalah konsep ramah lingkungan karena berlokasi di sekitar cagar alam.

Bagi pengendara yang akan melewati jembatan ini pasti tidak akan bosan. Jembatan ini tidak menyeramkan karena sudah ditopang oleh 30 pilar yang kokoh dengan ketinggian 10-15 meter. Jembatan ini juga dapat menampung 14 ribu kendaraan yang lalu lalang setiap hari.

Menariknya, saat ini Kelok Sembilan telah menjadi ikon atau ciri khas dari Sumatera Barat. Jika di Sumatera Selatan dikenal dengan Jembatan Ampera, maka Kelok 9 menjadi salah satu destinasi favorit ketika berkunjung ke Sumatera Barat.

Saat ini banyak pengguna jalan dengan sengaja memilih untuk melewati kelok 9 untuk menikmati keindahan dan kemegahan arsitektur dan konstruksi yang sangat megah dan menawan.

wisc store
To Top