Figure

Lewat Batik For The World, Oscar Lawalata Akan Pamerkan Batik di Paris

Oscar Lawalata bersama Bank Mandiri menggagas Batik For The World.

Oscar Lawalata di Pameran Seratus Kain Negeri (foto:istimewa)

VemmeDaily.com, Jakarta – Batik merupakan budaya bangsa yang membanggakan. Batik terus dikenal dan semakin dunia apalagi setelah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh Unesco.

Berangkat dari hal tersebut, Oscar Lawalata bersama Bank Mandiri menggagas Batik For The World. Kegiatan ini merupakan sebuah rangkaian acara peduli batik yang mencakup semua aspek mulai dari pembinaan pengrajin, kualitas batik, hingga kegiatan promosi batik kepada nasional maupun internasional.

“Demi mewujudkan kegitan tersebut, saya kumpulkan pengrajin batik dari sejumlah daerah seperti Trenggalek, Surabaya dan Ponorogo. Kita bina dan bantu pengembangannya agar dapat diterima di semua kalangan,”ungkapnya saat ditemui di Museum Bank Mandiri, Rabu (26/10/2017).

Di kesempatan yang sama Maristela Tri Haryanti, selaku VP Corporate Communication PT Bank Mandiri Tbk, menyatakan bahwa Bank Mandiri bisa bekerja sama dengan Oscar Lawalata karena memiliki misi yang sama yaitu ikut melestarikan budaya warisan leluhur dalam kain batik tradisional.

“Bank Mandiri dan Oscar Lawalata punya visi dan misi yang sama yaitu sama sama ingin melestarikan warisa budaya bangsa melalui kain batik tradisional, Bank Mandiri punya lembaga khusus bernama Bina Mandiri yang bertugas membantu para pengusaha UMKM yang bergerak dibidang salah satunya adalah pengrajin dan pengusaha batik tradisional, agar batik bisa lebih dikenal luas kita butuh orang orang kreatif dan berjiwa sosial seperti Oscar Lawalata”, ungkapnya.

Nantinya karya para pengrajin kain batik terbaik hasil binaan akan ditampilkan pada pameran di Unesco Head Quarter, Paris pada Juni 2018.

Seratus Kain Nusantara

Sebagai bagian dari kampanye Batik For The World, Bank Mandiri bekerja sama dengan Oscar Lawalata mengadakan pameran Seratus Kain Nusantara. Pameran ini diselenggarakan di museum Bank Mandiri pada 25-27 Oktober 2017.

Terselenggaranya acara ini sebagai pendorong masyarakat agar lebih menghayati dan bangga pada nilai luhur budaya yang ada di dalam kain batik tradisional Indonesia.

Selain peragaan busana kain tradisional rancangan Oscar Lawalat, ada juga display UMKM binaan Bank Mandiri dan display ragam kain tradisional dari berbagai daerah di nusantara.

To Top