Lifestyle

Membuat Kaki Sehat dan Indah

Kaki sehat dan indah membuat penampilan seseorang lebih menarik. Kaki dikatakan sehat bila kondisinya bersih, mulus, bercahaya.

Ilustrasi (via:istimewa)

VemmeDaily.com – Kaki sehat dan indah membuat penampilan seseorang lebih menarik. Kaki dikatakan sehat bila kondisinya bersih, mulus, bercahaya, tidak kering, pecah-pecah, berbau dan berjamur.

Masalah-masalah yang timbul pada kaki seperti tumit pecah-pecah, bau kaki, kulit kering, bersisik, jamur, mata ikan dan varises membuat kaki tidak sehat dan tidak indah.

Untuk merawat kaki agar terlihat sehat indah sebenarnya tidak sulit. Berikut tips perawatan kaki:

Pembersihan
Ada dua macam pembersihan, yaitu pembersihan biasa dan pembersihan secara berkala. Pembersihan biasa dilakukan pada saat mandi. Setiap mandi sebaiknya kaki dibersihkan dan diberi sabun khusus untuk kaki. Sedangkan secara berkala dapat dilakukan pedicure setiap seminggu sekali. Pembersihan dilakukan pada tiga bagian kaki yaitu pembersihan pada kulit, jari-jari dan kuku.

a.    Pembersihan Kulit

Pembersihan pada kulit kaki dapat dilakukan secara standar dengan merendam kaki menggunakan obat antiseptik, anti bau, atau scrub khusus untuk kaki. Pembersihan kulit kaki ini juga bisa dilakukan di klinik dengan menggunakan alat yang khusus untuk kaki.

Sedangkan untuk pembersihan di rumah dapat dilakukan dengan menggunakan sabun khusus kaki yang mengandung Canoline dan Urea untuk menjaga dan memberikan kelembaban pada kulit kaki atau batu apung yang digosok tidak terlalu keras pada bagian kulit kaki yang halus. Untuk kulit kaki kering dan mudah pecah-pecah. Sebaiknya rutin setiap hari menggunakan krim kaki.

b.    Pembersihan Jari-jari

Pembersihan pada jari-jari dan sela-sela jari kaki ini juga sangat penting. Pembersihan ini dapat dilakukan dengan menggunakan sikat halus.

c.    Pembersihan Kuku

Pembersihan kuku dilakukan secara berkala pertama dengan pemotongan kuku terlebih dahulu, lalu dibersihkan daerah kutikula kaki untuk menipiskan pinggiran kaki yang sering menebal.

Tidak Melakukan Pedicure Jika Memiliki Masalah Kaki
Jika kaki Anda bermasalah, seperti terdapat jamur, kutu air, penebalan kuku atau kuku yang berlubang-lubang sebaiknya tidak melakukan pedicure, karena dapat menularkan orang lain melalui alat yang digunakan pada saat treatment.

Maintenance
Setelah menjalani langkah tersebut di atas, sebaiknya Anda melakukan perawatan rutin pada kaki. Perawatan rutin tersebut  baik dilakukan di rumah  maupun di salon.

Untuk perawatan di rumah gunakan pelembab pada telapak kaki secara rutin, terutama jika jenis kulit Anda kering.

Sementara untuk perawatan di salon lakukan secara rutin setiap seminggu atau dua minggu sekali dengan menggunakan krim khusus kaki.

To Top