Lifestyle

Tips Atasi Keriput Wajah

Rahasia kulit awet muda selain dengan perawatan di salon kecantikan adalah tidur yang cukup dan nyenyak.

Tidur nyenyak membuat kulit awet muda (foto: istimewa)

VemmeDaily.com – Setiap wanita pasti ingin selalu tampak awet muda tanpa ada keriput wajah. Jika muncul keriput di wajah atau garis-garis halus di sekitar mata, tentu akan muncul rasa was-was. Apalagi jika Anda terlihat lima tahun lebih tua dari usia Anda.

Di usia muda kulit masih terasa kencang dan semakin tua di bagian pipi serta rahang akan semakin kendor dan berkerut karena kolagen berkurang. Bentuk wajah ideal di usia muda adalah segitiga terbalik, dan semakin menua bentuknya menjadi segitiga.

Munculnya garis-garis halus di wajah merupakan tanda dari penuaan dini karena berkurangnya metabolisme dan hormon di tubuh kita dan pengaruh faktor eksternal dan internal. Kondisi ini akan menyebabkan kerusakan kolagen yang bermanfaat sangat penting dalam tubuh untuk mempertahankan kelembaban kulit dan menjaga kulit tetap elastis dan kenyal.

Berkurangnya kolagen membuat kulit menjadi kendor, muncul garis –garis halus dan kerutan. Kolagen berkurang karena pengaruh hormon, kerusakan akibat matahari dan gaya hidup. Salah satunya karena kualitas tidur kurang baik.

Untuk mengatasinya, Anda harus menjaga kualitas tidur dengan baik. Semakin banyaknya beban kerja yang Anda hadapi setiap hari, meningkatkan risiko beban pikiran yang berakibat pada penampilan fisik. Rahasia kulit awet muda selain dengan perawatan di salon kecantikan adalah tidur yang cukup dan nyenyak. Bukan tidur selama 1 atau 2 jam, tapi 6-8 jam sehari.

Beberapa hal di bawah ini bisa membantu menjaga kualitas tidur untuk mengurangi munculnya garis-garis halus di sekitar mata:

  1. Sebelum beraktivitas lakukan olahraga ringan seperti joging setiap pagi untuk membantu metabolisme tubuh melalui keringat.
  2. Letakkan aromaterapi di meja tidur Anda untuk menciptakan suasana nyaman dan menata kamar serta tempat tidur Anda lebih rapih.
  3. Setelah beraktivitas Anda bisa mencoba mandi menggunakan air hangat dan mendengarkan musik yang klasik. Musik klasik bisa jadi pilihan untuk membantu menenangkan pikiran Anda setelah seharian beraktivitas.
  4. Biasakan untuk tidur dan bangun secara teratur pada jam yang sama.
  5. Jangan biasakan bekerja di atas tempat tidur dengan menggunakan laptop. Tempat tidur adalah waktu istirahat, jangan membiasakan pikiran Anda menilai bahwa tempat tidur tempat untuk bekerja.
  6. Jangan membawa masalah ke dalam kamar Anda. Lupakan sejenak masalah pekerjaan saat Anda berada di kamar. Esok ketika bangun baru Anda boleh memikirkannya lagi sehingga otak terangsang untuk tidak merasa khawatir dan tidur akan menjadi lebih nyenyak.
  7. Lakukan perawatan menyeluruh untuk menghindari munculnya garis halus. Anda bisa membicarakan masalah keluhan kulit wajah Anda langsung ke dokter yang tepat.
To Top