Lifestyle

Hindari 9 Penyebab Bibir Menghitam

Bibir menghitam membuat penampilan kurang menarik. Namun seringkali bibir yang merah berubah menjadi kehitaman karena beberapa faktor.

Ilustrasi (via:istimewa)

VemmeDaily.com – Bibir menghitam membuat penampilan kurang menarik. Namun seringkali bibir yang merah berubah menjadi kehitaman karena beberapa faktor. Nah, agar bibir merah merona Anda tak berubah menjadi kehitaman, sebaiknya dihindari faktor penyebabnya.

Memang salah satu penyebab bibir menghitam adalah faktor genetik, tetapi banyak juga faktor-faktor lain yang dari luar yang membuat bibir berubah warna menjadi kehitaman. Apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Kebiasaan Merokok.

Lihat bibir penghisap rokok, rata-rata menghitam. Mengapa demikian? Pada saat menghisap rokok, kandungan bahan nikotin yang terkandung dalam rokok serta panas rokok yang mengenai bibir bisa mematikan sel-sel darah merah. Sel-sel darah merah yang mati tadi akan memproduksi pigmen, yang kemudian membantuk endapan di lapisan kulit bibir.

Jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, endapan tinggi ini perlahan-lahan akan menumpuk di lapisan kulit bibir.  Efeknya, tumpukan endapan ini ternyata bisa membuat warna bibir yang aslinya bewarna merah berubah menjadi gelap kehitaman. Selain itu setiap hasil pembakaran pada ujung rokok akan menimbulkan karbon CO3 (karbon trioksida), yang juga bisa menambah pekat warna bibir.

2. Kebiasaan Minum Kopi atau Teh.

Kebiasaan minum kopi dan teh juga bisa menjadi faktor pencetus perubahan warna bibir. Seperti halnya rokok, kandungan beragam zat yang ada pada kopi dan teh pun bisa menyebabkan terjadinya endapan pada lapisan teratas kulit bibir. Endapan ini lama-kelamaan akan menumpuk di lapisan kulit bibir dan memicu terjadinya perubahan warna bibir yang dulunya bewarna kemerahan berubah menjadi gelap kehitaman.

3. Kurang Minum.

Efek kurang minum juga bisa menjadi pemicu perubahan warna bibir. Kurangnya asupan air tentu akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi sehingga bibir yang secara anatomis memang tidak memiliki kelenjar minyak, lama-kelamaan akan menjadi mengering. Jika dibiarkan tanpa perawatan bibir yang kering akan lebih mudah mengalami pengelupasan. Jika dibiarkan berlarut-larut, bibir yang terkelupas akan menyebabkan terjadinya perubahan warna dari kemerahan menjadi gelap kehitaman.

4. Kurang Makan Buah-buahan.

Kurang makan buah-buahan terutama buah-buahan yang banyak mengandung air juga bisa menjadi faktor pemicu bibir kehitaman. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah-buahan dan sayur-sayuran berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Antioksidan ini bermanfaat menjaga kelembaban kulit bibir, kecerahan sekaligus kekenyalannya. Kurang makan buah-buahan yang banyak mengandung air menyebabkan kulit kekurangan antioksidan sehingga kulit area bibir yang aslinya bewarna kemerahan pun akan terlihat lebih gelap dari warna aslinya.

5. Paparan Sinar Matahari.

Perubahan warna bibir juga bisa disebabkan oleh efek negatif paparan sinar matahari sehingga mempercepat proses penuaan.

6. Salah Memakai Kosmetik.

Kesalahan menggunakan kosmetik seperti lisptik yang murah atau kadaluarsa, kesalahan menggunakan pelembab bibir, alergi terhadap kosmetik. Karena itu tidak dianjurkan menggunakan lipstik terlalu lama dan menggunakan pelembab bibir yang banyak mengandung bahan kimia.

7. Makanan Bersantan dan Manis.

Sering makan makanan yang bersantan dan terlalu manis bisa menyebabkan bibir menjadi hitam. Begitu pula jika makan makanan yang mengandung pengawet dan bahan pewarna berbahaya. Selain itu, kurang menyantap makanan yang mengandung vitamin dan mineral juga akan membuat bibir hitam.

8. Ruangan Ber-AC.

Sering berada di ruangan ber-AC juga bisa menyebabkan bibir menghitam. Apalagi jika berada di dalam suhu dingin dan kurang minum, bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan, termasuk bibir. Oleh karena itu, dianjurkan banyak minum minimal 2 liter atau 8 gelas per hari.

9. Penurunan Hormon Estrogen.

Hormon estrogen adalah hormon yang dapat membantu proses perbaikan dan pergantian kulit, yang ternyata bisa menyebabkan proses regenerasi kulit melemah dan lama-kelamaan dapat berhenti sama sekali. Efeknya, warna kulit bibir yang aslinya berwarna kemerahan tampak lebih gelap dari warna aslinya.

To Top