Lifestyle

Radio Frekuensi Vs HiFu, Mana yang Unggul untuk Pengencangan Kulit?

Tahun ini masih menjadi unggulan treatment Radio Frekuensi (RF) dan HiFu untuk pengencangan kulit atau awet muda.

Ilustrasi (via:istimewa)

VemmeDaily.com – Tahun ini masih menjadi unggulan treatment Radio Frekuensi (RF) dan HiFu untuk pengencangan kulit atau awet muda. Dibandingkan RF, HiFu merupakan teknik yang belakangan muncul menggunakan gelombang ultrasound. Sebelumnya, teknik ulthera juga muncul menggunakan gelombang ultrasound. Bisa dibilang HiFu dan Ulthera adalah compatible hanya berbeda merek.

Penggunaan RF dan HiFu memang sama-sama untuk pengencangan kulit. Tetapi pemilihan kedua alat tersebut dilihat berdasarkan kondisi kekenduran kulitnya. Berikut penjelasannya:

Radio Frekuensi (RF).

RF menjadi treatment pilihan untuk kondisi kerutan yang tidak terlalu dalam. Umumnya untuk mereka yang masih muda dan lapisan lemaknya tebal dianjurkan memakai RF karena pada RF ada setting-an untuk stimulasi mengurangi deposit lemak. Kedalaman RF memang lebih dangkal dibandingkan HiFu atau ultrasound.

Tapi kelebihan RF adalah dapat menstimulasi energi panas yang bila energi panas tersebut berkumpul di satu tempat yang distimulasi maka akan merangsang produksi kolagen lebih banyak sehingga kulit kendur menjadi kencang. RF juga bagus untuk countouring, mengurangi kantung mata, mengurangi deposit lemak dan memperbaiki kontur kulit yang banyak lipatannya.

Pengerjaan RF saat awal adalah seminggu sekali, tetapi untuk tubuh yang lapisan kulitnya tebal RF dilakukan seminggu dua kali. Setelah satu bulan, treatment RF cukup dilakukan dua minggu sekali. Setelah tiga bulan pengerjaan, treatment RF dihentikan dulu karena yang distimulasi adalah kolagen dan kolagen membutuhkan waktu penyembuhan sempurna setelah distimulasi dalam waktu 4-6 bulan. Setelah hasil bagus dan maksimal, dalam waktu setahun kemudian baru dilakukan stimulasi kembali.

Treatment RF terbilang aman karena tidak menimbulkan perlukaan dan luka terbuka. Namun, karena menggunakan pancaran energi listrik maka orang-orang yang mengalami gangguan saraf dan gangguan otot yang biasanya tercetus karena listrik, tidak disarankan melakukan treatment RF ini. Selain itu, karena energi listrik mempengaruhi pada ritme/denyut jantung maka mereka yang memiliki gangguan ritme jantung atau memakai pace maker tidak disarankan juga melakukan treatment RF.

HiFu

HiFu adalah high intensity focus ultrasound, yakni ultrasound yang bekerja hingga ke lapisan kulit yang sudah diprediksikan berapa kedalamannya. Ultrasound itu seperti pemeriksaan USG pada ibu hamil, yaitu dilihat bagian dalamnya menggunakan alat tanpa merusak atau melukai permukaan kulit. Meski demikian, bisa memberikan gambaran di bagian bawah kulit.

Melalui alat ultrasound ini bisa mengamplikasikan permukaan sehingga bisa membuat bakar dan luka di dalam yaitu bagian kolagen. Dengan demikian maka kolagennya akan dipaksa untuk melakukan penyembuhan luka, lalu terjadi collagen remodelling.

Dibandingkan dengan RF, teknologi ultrasound ini lebih dalam dan lebih spesifik ke arah yang mau distimulasi sehingga lebih bagus untuk mengencangkan kulit.

Jadi HiFu maupun ulthera digunakan untuk kondisi kerut yang lebih dalam atau shagging.Treatment HiFu cukup dilakukan tiga kali setahun. Bahkan sebagai maintenance cukup dilakukan setahun dua kali. Jeda waktu pengerjaan HiFu lebih lama karena treatment tersebut dapat menstimulasi lebih dalam dan efektivitasnya lebih tinggi, tetapi tetap membutuhkan waktu untuk mencapai hasil yang maksimum.

wisc store
To Top