Lifestyle

Perawatan Rambut Tepat Setelah Hair Extension

Tampil cantik dan up to date dengan hair extension memang boleh-boleh saja, namun jangan lupa memerhatikan perawatan rambut tepat agar tetap indah dan sehat.

Ilustrasi (via:istimewa)

VemmeDaily.com – Tampil cantik dan up to date dengan hair extension memang boleh-boleh saja, namun jangan lupa memerhatikan perawatan rambut tepat agar tetap indah dan sehat. Agar rambut yang dipasang hair extension tidak mudah rusak, maka harus sering melakukan perawatan khusus dengan teknik yang tepat. Jika tidak dirawat, penggunaan hair extension akan menyebabkan rambut rontok, apalagi jika terlalu sering bergonta-ganti jenis hair extension.

Berikut beberapa perawatan tepat yang harus dilakukan agar hair extension tetap awet dan rambut asli tetap sehat dan indah:

Keramas dengan Teknik yang Tepat

Rambut yang disambung dengan teknik hair extension harus rutin dikeramas. Sebaiknya rutin melakukan keramas atau cuci rambut dua hari sekali. Selain rutin keramas, sebaiknya juga melakukan teknik keramas yang tepat. Teknik keramas yang tepat untuk rambut yang di-hair extension adalah harus perlahan-lahan dan jangan ditarik terlalu kencang agar rambut yang disambung tidak mudah terlepas. Agar aman, lebih baik dicuci di salon supaya ring sambungan tidak mudah lepas karena dikerjakan oleh profesional. Hal ini perlu dilakukan agar rambut bersih dari sisa-sisa sampo yang mengakibatkan menjadi ketombe.

Menggunakan Kondisioner

Setelah keramas menggunakan sampo, rambut yang di-hair extension sebaiknya juga menggunakan kondisioner. Namun, untuk penggunaan kondisioner sebaiknya hanya diberikan pada ujung rambutnya saja. Fungsi penggunaan kondisioner adalah agar rambut yang di-hair extension tidak mudah kusut dan tetap berkilau. Sebaiknya jangan menggunakan kondisioner pada sambungan ring hair extension karena akan membuat daya rekatnya berkurang.

Menyisir Rambut Secara Tepat

Pada orang yang memasang hair extension, menyisir rambut juga harus tepat. Teknik yang tepat untuk menyisir rambut ketika di-hair extension adalah dari arah bawah, lalu ke atas. Teknik ini dilakukan untuk menjaga agar rambut yang di-hair extension tidak menjadi kusut. Gunakan sisir sasak hingga 2 cm sebelum sambungan, kemudian sisir bagian sambungan dengan sisir biasa. Sebaiknya hindari menyisir dengan keras dan cepat karena dapat membuat rambut rusak. selain itu, hindari menyisir tambut terlalu sering agar helai-helai rambut tidak mudah patah.

Lakukan Masker Rambut Setiap Satu Bulan Sekali

Untuk rambut yang di-hair extension, sebaiknya melakukan service rambut sebulan sekali di salon. Di antaranya adalah melakukan treatment masker rambut. Hal ini perlu dilakukan agar rambut tidak kusut dan rusak. Selain itu, setelah memasang hair extension sebaiknya juga menggunakan masker rambut.

Rutin Melakukan Maintenance Hair Extension ke Salon

Agar hair extension selalu terjaga, maka sebaiknya rutin melakukan pengecekan di salon secara berkala setiap 1-1,5 bulan sekali. Hal ini bermanfaat untuk merapikan helaian hair extension yang terlepas. Selain itu, rambut sambungan atau hair extension sebaiknya diganti setelah lima bulan digunakan.

Tidak Menggunakan Hair Extension Bekas Pakai

Untuk memiliki rambut sambungan atau hair extension yang indah sebaiknya tidak menggunakan hair extension bekas pakai. Pasalnya, hair extension bekas akan membuat rambut mudah kusut. Hair extension memiliki sifat hanya digunakan sekali pakai, karena itu jika digunakan kembali maka akan terlihat tidak layak dan kusut.

To Top