Lifestyle

Masker Umbi-umbian untuk Awet Muda

Umbi-umbian seperti ubi cilembu, ubi ungu, serta kentang, bengkuang, dan singkong selain mengenyangkan, juga bisa membuat awet muda.

Ilustrasi (foto:istimewa)

VemmeDaily.com – Umbi-umbian seperti ubi cilembu, ubi ungu, serta kentang, bengkuang, dan singkong selain mengenyangkan, juga bisa membuat awet muda. Umbi-umbian mengandung serat, kolagen dan antioksidan. Umbi-umbian tersebut juga kaya Provitamin A, betakaroten, Vitamin C dan Vitamin E, yang dibutuhkan untuk tampil awet muda.

Untuk mendapatkan manfaat dari umbi-umbian, bisa dengan cara dijadikan masker maupun dimakan langsung. Menurut herbalis Etty Bachetta, umbi-umbian bisa dijadikan masker sebagai perawatan dari luar dan dijadikan sebagai makanan yang dikonsumsi sebagai perawatan yang dilakukan dari dalam.

Umbi-umbian yang dijadikan masker adalah bengkuang. Masker ini dapat mencegah penuaan dini dari luar. Cara membuat masker bengkuang adalah, satu buah bengkuang atau secukupnya dihaluskan. Sesudah bengkuang halus, langsung dioleskan ke seluruh kulit wajah. Atau dicampurkan dengan susu kambing dan sedikit madu. Sebelumnya kulit wajah sudah dibersihkan terlebih dulu. Lalu diamkan masker bengkuang pada kulit wajah selama 20 menit atau sampai mengering. Selanjutnya bilas dengan air.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker bengkuang 2 kali seminggu. Jika rutin digunakan maka hasilnya akan baik. Setelah penggunaan masker bengkuang selama 4 minggu, hasilnya sudah bisa terlihat yaitu kulit lebih bersih, cerah dan kencang. Jika hasil sudah baik, sebaiknya tetap melakukan maintenance 1 minggu sekali agar hasilnya lebih maksimal.

Namun untuk terlihat awet muda, tidak cukup dengan menggunakan masker dari luar. Sebaiknya diimbangi dengan perawatan dari dalam dengan makan umbi-umbian seperti ubi cilembu, ubi ungu dan ubi jalar. Cara mengonsumsinya jangan digoreng. Sebaiknya dikukus atau direbus. Sebaiknya makan umbi-umbian dilakukan secara rutin. Namun, harus seberapa rutinnya disesuaikan dengan kebutuhan, usia dan kekenyalan kulit.

Jika kondisi kulit kering dan keriput, sebaiknya sering makan umbi-umbian tersebut, yaitu 3-6 kali seminggu. Namun jika kulitnya sudah kenyal, umbi-umbian tersebut cukup dikonsumsi 2-4 kali agar kekenyalan kulit tetap terjaga dan mencegah timbulnya keriput dini. Sebaiknya diimbangi juga dengan banyak minum air putih yaitu 2 liter per hari, makan-makanan sehat dan rutin berolahraga.

wisc store
To Top