Business

Nurhayati Hadirkan Kosmetika Herbal Zalfa Cosmetics Bebas Mercury

Zalfa Cosmetics mengandung 10 bahan herbal berkualitas yang aman dan cocok dengan iklim tropis Indonesia

Produk Zalfa Cosmetics (foto istimewa)

VemmeDaily.com – Di tengah maraknya produk kosmetika mengandung bahan mercury, Nurhayati tergerak membuat Zalfa Cosmetics, kosmetika herbal bebas mercury. Produk kosmetika yang dibuatnya kini menjadi solusi bagi kaum hawa untuk tetap tampil cantik dan menarik tanpa khawatir mengandung bahan kimia.

Wanita kelahiran Indramayu, 14 Agustus 1988 ini kini menjadi womanpreneur sukses. Nurhayati yang akrab disapa Nuy terinspirasi menjalankan usaha kosmetika herbal di tahun 2006. Saat itu Nuy yang semula berprofesi sebagai guru SD ingin mencari tambahan penghasilan dengan menjual produk kosmetika milik orang lain. Modal untuk usaha sampingannya itupun merupakan pinjaman dari sang Ayah.

Usaha sampingannya ternyata berkembang pesat hingga ia putuskan untuk meninggalkan profesi guru. Namun tak disangka, hal buruk terjadi ketika kosmetika yang ia jual ternyata mengandung bahan kimia berbahaya merkuri tinggi. Bahkan Nuy dan pelanggan lain sampai mengalami gangguan kesehatan seperti kerusakan ginjal, keguguran, dan lainnya. Nuy pun langsung menghentikan usahanya, dan ia tetap bertanggung jawab menanggung biaya pengobatan beberapa pelanggannya.

Pengalaman pahit itu memacu Nuy untuk menguji banyak cream wajah yang beredar di pasaran dan ternyata juga mengandung merkuri. Nuy lalu berkonsultasi dan belajar dengan para ahli seperti dokter, apoteker, dan Badan POM RI khususnya mengenai formulasi atau komposisi bahan untuk membuat kosmetika herbal. Dengan dorongan suami, ia pun lantas membuat kosmetika yang aman bagi kulit dengan bahan herbal, non parfum dan non alkohol yang diberi merek Zalfa Cosmetics.

Nuy juga berusaha agar Zalfa Cosmetics memiliki nilai edukasi, dan konsumennya bisa mengetahui seperti apa ciri kosmetika berbahaya dan dampaknya bagi kesehatan, juga cara tes Mercury dengan sederhana. Tepat pada Januari 2013 Zalfa Cosmetics yang diproduksi Nuy beredar di pasaran dan dijual beserta buku panduan kosmetika secara umum dan cara mengenal kosmetika berbahan merkuri dalam setiap paket yang informatif.

Nuy menggunakan jasa makloon untuk membuat produk kosmetika herbal merek Zalfa Cosmetics di awal usaha sehingga tidak perlu membeli peralatan usaha serta menyiapkan karyawan yang sudah terampil membuat produk kosmetika herbal. Meskipun begitu modal awal yang dikeluarkan cukup besar untuk ongkos maklon. Produksi dan packaging 5.000 paket krim dengan ongkos maklon Rp 105 ribu/paket bisa menghabiskan modal awal hingga Rp 500 juta.

Setelah mendapatkan formulasi kosmetika herbal hasil konsultasi dan belajar dengan para ahli seperti dokter, apoteker, dan Badan POM RI, Nuy menyerahkan produksi Zalfa sepenuhnya secara makloon termasuk penyediaan bahan baku, sedangkan formulasi produk darinya.

Prospek kosmetika herbal ini ke depannya menurut Nuy sangat potensial mengingat segmentasi pasar Zalfa membidik target pasar women, youth, and netizen (pengguna aktif internet). Menurut istri Prakoso Bayu Adi Widyanto ini, di tengah maraknya produk kosmetika di pasaran, persaingan terutama datang dari produk kosmetika berbasis treatment/perawatan dan bukan dekoratif (riasan wajah). Nuy pun menghadirkan ciri khas yang menjadi pembeda dibanding produk lain, yakni dengan memberikan buku edukasi kosmetika pada penjualan paket produk.

Nurhayati pemilik Zalfa Cosmetics (foto:istimewa)

Adapun rangkaian produk kosmetika Zalfa Cosmetics mengandung 10 bahan herbal berkualitas yang aman dan cocok dengan iklim tropis Indonesia, antara lain aloe vera, tea tree oil, gandum, minyak kelapa, Arbutyn (ekstrak tanaman bearberry), Kojic Acid (asam kojat), kedelai, dan lainnya. Produk ini juga sudah memiliki ijin Badan POM dengan notifikasi NA18130100121, NA18130100121 dan NA18131200092, serta mengandung Sun Protector UVA & UV, Vitamin C, Vitamin E, dan lainnya.

Nuy menegaskan bahwa semua cream perawatan wajah Zalfa Cosmetics tidak menggunakan parfum ataupun alkohol, dan bisa awet hingga 1 tahun. Hal ini untuk meminimalisir iritasi kulit dan bisa dipastikan tidak ada kandungan merkuri maupun hidrokinon sehingga aman, halal, dan dapat digunakan baik pria maupun wanita, serta 90% cocok untuk semua jenis kulit.

Beberapa jenis produk Zalfa Cosmetics antara lain Paket Cream Whitening Series yang dijual dengan dilengkapi buku edukasi. Brightening Enzyme Peeling dan Complete Anti Aging Serum, Cream Acne Series untuk kulit berjerawat, Eye Cream with Anti Wrinkle, Milk Cleanser Collagen.

Produk Zalfa Cosmetics (foto:istimewa)

Kini Zalfa Cosmetics sudah terbukti diterima pasar di hampir semua provinsi bahkan ada beberapa salon yang mengajukan kerjasama dengan Zalfa. Nuy memasarkan produk kosmetika herbalnya melalui agen dan distributor. Distributor resmi dan Agen resmi Zalfa Cosmetics akan dicantumkan dalam list Distributor dan list Agen yang terdapat di dalam website Zalfa Cosmetics.

Nuy juga kerap melakukan pemasaran via online, yakni melalui jejaring sosial FB, twitter, dan website resmi Zalfa Cosmetics. Bahkan pernah ada customer di luar negeri yang membeli produk kosmetika Zalfa Cosmetics seperti dari Malaysia, Abu Dhabi, dan Australia

Info Lebih Lanjut:

Zalfa Cosmetics

Head Office : Jl. R. Soewandana No. 7 RT 01/03, Dramaga, Kab. Bogor, Jawa Barat

Website : www.zalfa.co.id

Email : zalfa.cosmetics@gmail.com

FB : Zalfa Cosmetics

Twitter @zalfa_cosmetics

wisc store
To Top