Lifestyle

Merias Sesuai Bentuk Wajah

Merias wajah harus cerdas. Artinya harus disesuaikan dengan bentuk wajah, seperti oval, bulat, kotak, persegi panjang, dan lonjong.

ilustrasi (foto:istimewa)

VemmeDaily.com – Dalam merias wajah harus cerdas. Riasan atau make up harus disesuaikan dengan bentuk wajah agar terlihat lebih cantik. Make up tepat bisa menutupi kekurangan pada wajah seperti komedo, vlek hitam, jerawat hingga kerutan. Bahkan, make up juga mampu mengubah wajah menjadi berbeda dari aslinya.

Dalam ber-make up yang perlu diperhatikan adalah mengubah wajah dengan shading dan highlight, tergantung dari koreksi wajah yang akan dilakukan. Namun agar make up menempel pada wajah secara maksimal, sebaiknya wajah dibersihkan secara menyeluruh hingga leher menggunakan pembersih wajah. Selanjutnya pakai penyegar wajah seperti toner dan pelembab.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah gunakan produk perawatan make up yang cocok dan disesuaikan dengan kulit wajah. Pilih make up yang diinginkan untuk membentuk wajah menjadi terlihat berbeda dan cantik saat digunakan pada pagi hari, siang hari dan malam hari.

Selanjutnya, Anda dapat merias wajah yang disesuaikan dengan bentuk wajah agar terlihat alami dan cantik. Berikut cara ber-make up sesuai bentuk wajah:

Bentuk Wajah Oval

Pada wajah oval, make up natural terlihat cukup cantik alami, apalagi jika digunakan pada pagi dan siang hari. Cukup mudah membentuk riasan wajah pada wajah oval, karena bagian dahi dan dagu proporsional sehingga tidak banyak koreksi pada wajah. Namun, tetap harus diperhatikan dalam merias wajah oval yaitu mengetahui teknik menggunakan make up yang tepat.

Pemilihan warna make up harus sesuai dengan warna kulit. Jika warna kulit kecokelatan, pilih blush on lebih muda dari warna asli kulit agar tampak alami. Wajah oval tidak membutuhkan teknik shading dan highlight seperti bentuk wajah lain, kecuali jika hidungnya pesek dan ingin terlihat lebih mancung maka membutuhkan teknik shading dan highlight.

Bentuk Wajah Bulat

Permainan shading dan highlight sangat dibutuhkan pada bentuk wajah bulat. Pada wajah bulat, bagian rahang bawah bagian kanan dan kiri bentuknya sama lebar. Agar wajah lebih ramping, dalam menggunakan foundation sebaiknya dibuat perbandingan warna, 2-3 tone. Warna pertama paling terang, warna kedua agak gelap, warna ketiga lebih gelap dan warna keempat paling gelap.

Dalam memilih warna Anda bisa mencampur warna kedua dan keempar sehingga menghasilkan tone warna ketiga. Selanjutnya saat permainan shading oleskan blush on pada bagian bawah rahang tulang pipi agar memberi kesan ilusi wajah. Gunakan warna lebih gelap dari warna kulit asli, baru memberikan warna lebih terang pada bagian pipi bawah.

Bentuk Wajah Kotak

Pada bentuk wajah kotak menonjol pada bentuk rahang. Karena itu, gunakan teknik shading pada rahang dengan warna lebih gelap. Lakukan gradasi pada bagian atas rahang agar terlihat lebih tirus. Selanjutnya, pilih warna lembut dan terang sesuai warna kulit. Hindari make up yang terlalu berat atau menor untuk membentuk area T pada wajah karena akan mempertegas bentuk wajah yang terlihat kotak.

Bentuk Wajah Panjang

Pada bentuk wajah panjang, make up lebih fokus pada teknik shading. Bentuk wajah panjang pada pipi hingga rahang perlu dibuat tirus agar tidak terlihat terlalu panjang. Gunakan pada tulang pipi bagian bawah dari pipi hingga mendekati hidung, lalu berhenti pada bagian pipi depan sampai ke bawah.

Selanjutnya, oleskan blush on di atas bagian shading menyamping ke bagian tulang pipi sampai ke bagian dekat telinga. Seperti halnya bentuk wajah kotak, untuk warna gunakan warna dasar lebih gelap, lalu gunakan warna terang untuk yang kedua. Pastikan antara bedak dan blush on tercampur agar terlihat lebih sempurna.

Bentuk Wajah Persegi

Mengoreksi bentuk wajah persegi dimulai dari teknik shading pada pipi bagian kanan, bagian kening dan dagu bagian bawah. Pada saat mengoleskan blush on, pilih warna cerah yang cocok untuk wajah persegi panjang melalui sudut dalam tulang pipi, kemudian sedikit menyerong sampai bagian bawah. Gunakan warna dasar lebih gelap seperti cokelat, lalu oleskan dengan warna terang dan cerah yang sesuai warna kulit wajah.

wisc store
To Top