Lifestyle

Mengatasi Diabetes dengan Daun Sambung Nyawa

Mengatasi penyakit diabetes melitus bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti daun sambung nyawa.

Daun Sambung Nyawa (foto:istimewa)

VemmeDaily.com – Penyakit diabetes melitus (DM) bisa diatasi dengan bahan alami seperti daun sambung nyawa (Gynura procumbens).

Menurut Ihyarul Fahmi, S.Pd.I, herbalis, daun sambung mengandung senyawa metabolic seperti flavonoid, saponin, steroid, triperpenoid, asam fenolat dan minyak atsiri. Daun sambung nyawa juga mengandung antibiotik, terlebih untuk mengatasi kuman staphilococcus aureus yang bisa mengakibatkan infeksi pada kulit (impetigo serta furunkel).

Prinsip kerjanya adalah membantu mengatasi penyakit seperti diabetes, kolesterol, wasir, maag dan lain-lain. Pada penderita diabetes, kulit di lipatan seringkali terlihat memar, timbul koreng dan hitam-hitam, baik di punggung maupun lipatan tubuh sekitarnya.

Jika diobati penyakit diabetesnya, maka keluhan kulit pada penderita diabetes bisa terobati. Bahkan, daun sambung nyawa juga bisa mengatasi bisul dan luka-luka di kulit. Cara memanfaatkan daun sambung nyawa antara lain dibuat lalapan, yang dikonsumsi selama tujuh hari. Sebelum dijadikan lalapan, daun sambung nyawa dicuci bersih terlebih dulu.

Selain itu, daun sambung nyawa juga bisa dijadikan jus, sayur sup, diseduh dengan air panas atau direbus. Untuk yang direbus, sebanyak 3-7 lembar daun sambung nyawa direbus menggunakan 4 gelas air. Rebus hingga air berkurang menjadi 2 gelas. Minum setiap hari, pada pagi hari dan sore hari. Dosis ringan, konsumsi pagi dan sore hari selama tiga hari.

Untuk dosis yang sedang, maka rebusan daun sambung nyawa ini bisa dikonsumsi selama sebulan. Sementara untuk masalah kulit seperti luka, koreng atau infeksi, dengan cara daunnya ditumbuk dan dioles di bagian yang luka.

wisc store
To Top