Business

Gianti Creation Kreasi Pakaian Casual dari Kain Tradisional

Gianti Creation menghadirkan pakaian wanita yang tampak etnik namun tetap terkesan mewah

Lala Gozali Pemilik Gianti Creation (foto istimewa)

VemmeDaily.com Lala Gozali, pemilik Gianti Creation memanfaatkan keragaman jenis kain tradisional nusantara. Ia membuat pakaian yang tidak hanya bisa dikenakan saat acara resmi, tetapi juga bisa dipakai dalam suasana santai sekalipun.

Diawali dengan mengolah kain tenun dari NTB dan NTT, ia juga tertarik dengan tenun dari Tuban, Palembang, Padang, sampai tenun dari Kendari.. Kain tenun lurik  menurut Lala Gozali ternyata juga tidak kalah  menarik untuk digali. Saat ini ia banyak membuat kreasi pakaian dari tenun lurik asal Jogyakarta, Solo dan Jepara. Kain batik dari Cirebon, Madura, Lasem, Tuban, Pekalongan, Jogya, Garut, Tasik juga kerap digunakan untuk memperkaya hasil rancangannya.

Sebelum merintis usaha pakaian dari bahan kain tradisional, Lala hobi membuat berbagai produk perlengkapan rumah tangga mulai dari taplak meja, sarung bantal sampai bedcover. Inspirasi membuat pakaian berbahan kain tradisional muncul setelah ia mengamati penjualan produk perlengkapan rumah tangga tersebut tak selaris pakaian.

“Kalau bedcover dalam setahun orang belum tentu beli lagi, tetapi kalau pakaian bisa setiap bulan ganti, makanya saya beralih ke pakaian,” akunya.

Koleksi Gianti Creation (via:istimewa)

Alhasil sejak tahun 2003, Lala membuat pakaian casual untuk wanita dari kain tradisional karena menurutnya pada waktu itu belum banyak yang membuat. Modal awal yang dikeluarkan Lala untuk membeli kain tradisional dan kelengkapannya, mesin jahit, serta tenaga kerja saat itu sebesar Rp 50 juta. Dengan modal sebesar itu ia bisa membuat pakaian sebanyak 200 pcs (potong).

Koleksi Gianti Creation (via:istimewa)

Berbagai jenis pakaian berbahan kain tradisional yang dihasilkan, antara lain abaya, outer, kaftan, blouse, kebaya casual, tunik, rompi, semi blazer, dress tank top, baby doll (blouse tenun lurik kombinasi batik) hingga long dress.

Keistimewaan pakaian wanita merek Gianti Creation, brand usaha milik Lala ini, terletak pada kombinasi atau padu padan corak atau motif tenun. Selain itu juga ada yang meggunakan kombinasi kain tenun dengan kain katun polos, tenun polos dengan tenun corak, ada juga kombinasi kain tenun dengan batik. Semua pakaian yang dihasilkan Gianti Creation bertema casual etnik yang bisa dipakai baik acara resmi atau santai.

Di awal usaha, Lala memperkenalkan produk Gianti Creation hanya kepada teman-teman terdekatnya. Lala juga mengikutsertakan usahanya dalam pameran untuk pertama kali di Inacraft tahun 2004. Sejak saat itu ia rajin ikut pameran di mal dan berbagai event, seperti Adhiwastra (pameran kain), pameran Pekan Budaya Indonesia/Kreatif Indonesia, Indonesian Fashion Week, Icra, Inacraft, Gelar Batik Nusantara, WIC, Gelar Tenun Nusantara, serta pameran di PVJ (Paris van Java) Bandung.

 Info Lebih Lanjut:

Gianti Creation

Terusan Perumahan Cikas Galaxy Bekasi

081807233972 / 0811957258

081807233972

lala_gozali@yahoo.co.id

wisc store
To Top