Business

Rumah Voila Hadirkan Kebaya Batik Anak hingga Department Store

Bisnis ini bermula dari kejenuhannya melihat model pakaian anak-anak di pasaran yang itu-itu saja

Rumah Voila (foto:istimewa)

VemmeDaily.com- Siapa bilang busana batik hanya cocok dipakai orangtua? Dengan berbagai kreasi, Irmajanti Fitria mampu menampilkan busana batik yang lucu nan menggemaskan untuk balita dan anak-anak.

Mengusung desain up to date dengan ciri khas anak-anak, membuat produknya diminati banyak konsumen, bahkan sudah masuk ke beberapa department  store di Jakarta.

Irmajanti Fitria merintis bisnis busana batik sejak tahun 2012 dengan brand Rumah Voila. Bisnis ini bermula dari kejenuhannya melihat model pakaian anak-anak di pasaran yang itu-itu saja.

Akhirnya dengan keahlian menjahit yang seadanya, ia membuatkan pakaian untuk anak perempuannya berupa kebaya batik ondel betawi. Dan ternyata, hasil kreasinya ini ternyata banyak disukai teman.

Modal awal untuk memulai usaha ini, diakui wanita yang akrab disapa Irma ini hanya sebesar Rp 10 juta. Modal itu digunakan untuk membeli bahan baku, mesin jahit dan mesin obras. Saat itu ia belum membeli peralatan menjahit sendiri, namun semua model pakaian batik ia desain sendiri.

Irma mengaku ketrampilan mendesain pakaian diperoleh secara otodidak, apalagi orang tuanya kebetulan suka jahit menjahit dan membuat kerajinan.

Irmajanti Fitria, pemilik Rumah Voila (foto: vemmedaily.com)

Pakaian batik yang ditawarkan Rumah Voila sangat variatif modelnya dengan harga jual berkisar dari Rp 100 ribu–Rp 500 ribu per piece. Ragam kreasi fesyen anaknya meliputi kebaya, gamis, dress, baju koko, dress party, rok, sarung instan, dan mukena.

Pakaian batik yang di produksi Rumah Voila lebih menyasar segmen pasar kelas menengah atas khusus untuk kalangan anak-anak usia 1 hingga 10 tahun. Ciri khas pakaian batik produksi Irma adalah kebaya anak yang menggunakan warna-warna soft dan cerah dengan motif bunga-bunga.

Bahan baku kain batik yang digunakan berupa kain katun 100%, dengan proses batik menggunakan batik cap yang dikerjakan langsung oleh tangan-tangan pengrajin yang terampil, terlatih dan kreatif.  Selain itu kelebihan lain yang dimiliki Rumah Voila, yaitu kombinasi bahan baku berupa batik dan tenun.

Adapula beberapa produk kreasi Rumah Voila modelnya mengikuti perkembangan tren pasar. Misalnya menghadirkan model dress dengan karakter Frozen Elsa, Anna ataupun Cinderella.

Tiap satu bulan sekali Irma mengeluarkan model terbaru baik itu dari penggunaan bahan, motif maupun model produk dan jumlah pakaian yang diproduksi untuk satu desain hanya berkisar satu lusin hingga satu kodi saja.

Biasanya ide untuk membuat desain tersebut  diperoleh Irma dari hasil pengamatan terhadap tren yang sudah ada, survei di mal, internet, majalah fesyen atau hasil imajinasi sendiri.

Di awal usaha Irma memasarkan produk dari teman ke teman, hingga kemudian memutuskan terjun ke pasar yang lebih luas dengan membuat website, facebook dan instagram. Outlet Rumah Voila bisa dijumpai di Beranda Nusantara, Mall Kota Kasablanka Lantai LG  Jl. Casablanca Raya Kav. 88 Jakarta Selatan.

Meskipun outlet-nya baru berdiri sejak Mei 2015 ini ternyata pengunjungnya cukup ramai, dalam setiap hari ia mampu menjual 10-20 busana batik anak.

Rumah Voila saat ini juga masuk ke berbagai department store, diantantaranya Centro Dept. Store Margo City Depok, Centro Dept Store Bintaro x-Change, Sarinah Dept.Store Thamrin Jakarta, Parkson Dept.Store Lippo St. Moritz Puri Indah, Lotte Shopping Avenue dan Aeon Dept. Store BSD City.

Irma juga menawarkan peluang untuk menjadi reseller dengan syarat minimal pembelian Rp 1,5 juta dengan diskon harga mencapai 30%. Sampai saat ini reseller Rumah Voila tersebar di berbagai daerah seperti Jakarta, Depok, Bogor, Bandung, Solo, Bekasi, Tangerang, Jogja, Malang dan Surabaya. Kini dalam sebulan Irma bisa menjual pakaian batik anak hingga 1 ribu potong.

Info lebih lanjut:

Rumah Voila
Beranda Nusantara, Mall Kota Kasablanka Lantai LG  Jl. Casablanca Raya Kav. 88 Jakarta Selatan
Website: www.RumahVoila.com
Instagram: Rumah_Voila

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

wisc store
To Top