Lifestyle

Pantau Gadget Anak Dengan Cara Ini

ilustrasi (via:row.co.uk)

VemmeDaily.com – Pesatnya teknologi dan alat komunikasi salah satunya gadget membuat setiap orang berlomba-lomba untuk memenuhinya, tak terkecuali anak-anak.

Namun orang tua harus tetap memantau dan mendampingi anak-anak dalam menggunakan gadgetnya.

ilustrasi (via:http://readtextmessages.net)

Berikut beberapa tips ketika memberikan fasilitas gadget kepada anak-anak dan memantau penggunaan gadget tersebut oleh orangtua, di antaranya:

  1. Diskusikan mengenai manfaat dan tujuan pemberian suatu gadget kepada anak. Berikan berdasarkan tingkat kepentingan dan keperluan anak.
  2. Lakukan pengawasan secara berkala mengenai isi dari informasi yang diperoleh anak dari gadget-nya.
  3. Berikan kepercayaan dan bentuk tanggung jawab anak dengan memberikan konsekuensi bahwa ia harus merawat gadget yang diberikan. Sebagai contoh, menggunakan uang saku dengan bertanggung jawab (anak membeli pulsa dari uang sakunya dan belajar mengatur keuangan).
  4. Menanamkan nilai moral dan prinsip keluarga kepada anak termasuk ketika anak harus menggunakan gadget dan berkomunikasi dengan orang lain.
  5. Berikan contoh langsung menggunakan gadget yang bijaksana. Anak akan lebih mudah mempelajari jika ada contoh langsung dari sekitarnya. Sebaiknya orangtua yang langsung memperkenalkan gadget pada anak.
  6. Dampingi anak saat menggunakan gadget terutama internet dan games untuk menghindari anak dari informasi yang tidak sesuai dengan usianya.
  7. Batasi waktu pemakaian gadget agar anak tetap dapat tumbuh dan berkembang dengan seimbang dan optimal.
  8. Jadikan orangtua sebagai teman bicara yang nyaman untuk anak sehingga ada kesulitan apapun anak akan tetap berpaling pada orangtuanya. Dengan situasi ini pun penggunaan gadget dapat dipantau oleh orangtua, anak pun merasa nyaman untuk membicarakan berbagai informasi yang berkaitan dengan penggunaan gadget.
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

wisc store
To Top